HEADLINE

Peringati HSP Kodim PPU Gelar Kirab Pelopor Perdamaian Dan Peresmian Tugu Merah Putih

PENAJAM (NK) – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke 91 tahun 2019 di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Senin (28/10/2019) digelar kirab Pelopor Perdamaian dan Peresmian Tugu Merah Putih yang diprakarsai Kodim 0913/PPU.

Kirab yang diikuti sekitar kurang lebih 100 orang tersebut mengambil star dari Jalan Provinsi Km 6,5 Kelurahan Nenang menuju lokasi Tugu Merah Putih yang berada di Nenang dalam Km 5 dengan membawa bendara ukuran besar serta dibacakan pula sejarah berkibar bendera pertama kali di Kaltim dan terjadi di lokasi itu.

Selain itu, dibacakan pula ikrak Bela Negara serta peremian tugu merah putih tepat dititik pertama kalinya bendera merah putih berkibar di Kaltim. Dalam kegiatan itu, Wabup PPU, H. Hamdan didaulat sebagai Inspektur upacara dihadiri, Dandim 0913/PPU, Letkol Inf Mahmud, Kapolres PPU, AKBP Sabil Umar, Sekda PPU H. Tohar, para perwira dan Danramil se PPU, Lurah Nenang, Mahmudin serta masyarakat Nenang.

Penandatangan prasasti peremian tugu merah putih yang dilakukan oleh Wabup PPU, H. Hamdam, Dandim 0913/PPU, Letkol Inf Mahmud, Kapolres PPU, AKBP Sabil Umar dan tokoh lainnya

Adapun peserta kirab terdiri dari satuan TNI – Polri dan pasukan bela negara berasal dari Ormas -ormas nasional dan kedaerahan serta anggota Pramuka Saka Wira Kartika.

Pada kesempatan itu, Wabup PPU, H. Hamdan dalam amanatnya mengucapkan terima kasih atas dilaksanakan kegiatan ini dan berharap kedepannya pelaksanaan kegiatan dapat  diagendakan setiap tahunnya, karena sangat penting guna mengenang sejarah perjuangan para pahlawan yang membela negara kesatuan Republik Indonesia.

Ia berharap, semoga dalam kegiatan ini mendapatkan keridoan dari Allah SWT dan para pahlawan yang sudah mendahului mendapatkan tempat yang terbaik disisiNya.

“Kami harapkan kepada para peserta bela negara agar memberikan pemahaman kepada anak-anak bagaimana sejarah para pahlawan dalam membela bangsa dan negara ini,”pungkasnya.(nav/nk)

Berita Popular

To Top