DPRD PPU Minta Pemerintah Serius Cari Solusi Serapan Tenaga Kerja Lokal

Newskaltim, PENAJAM – DPRD Penajam Paser Utara (PPU) meminta pemerintah daerah proaktif dalam mencarikan solusi penyerapan tenaga kerja lokal. Khususnya dalam mempersiapkan kualifikasinya sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang ada di wilayah setempat.

Ketua DPRD PPU, Jhon Kenedy, menyebutkan perlu ada kajian spesifik untuk mengurai masalah yang efektif. Pasalnya masih adanya keluhan yang masuk soal sulitnya para generasi muda bekerja di PPU.

“Kita harus mencarikan solusinya, karena masyarakat ini setiap tahun bertambah terus. Lulusan kuliah otomatis mencari lapangan pekerjaan di tempat ia berdomisili,” ujarnya, Senin, (11/4/2022).

Setelah akar masalah itu ditemukan, lanjutnya, maka solusi yang tepat akan mudah ditemukan. Satu pertimbangan itu perlu dilakukan segera ialah terus bertambahnya para pekerja tiap tahun yang baru saja menyelesaikan studi.

“Orang Penajam, pasti mencari pekerjaan di Penajam. Umumnya karena mencari kerja tidak jauh dari orang tua,” tandasnya.

Kemudian solusi itu utamanya biarlah menciptakan lapangan pekerjaan di daerah dengan sebanyak-banyaknya. Satu hal, itu juga merupakan upaya mewujudkan dari implementasi peraturan daerah yang mengatur tentang serapan tenaga kerja lokal sebanyak 80 persen. Sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2017. Tentang Perlindungan dan Penempatan Tenaga Kerja Lokal.

“Karena kita sudah tahu, bahwa 80 persen tenaga kerja harus berasal dari daerah kita. Jadi ya harus dilakukan pembukaan lapangan kerja baru, permudah investasi dan sebagainya,” tutup Jhon. (*/Advertorial/NK2)