Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara Dukung Penajam Expo Nusantara 2022

PENAJAM (NK) – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Hamdam, membuka kegiatan Penajam Expo Nusantara 2022 yang diselenggarakan oleh Komunitas Pemuda Kreatif Nusantara di Pasar Nenang, Senin (10/10/2022) malam. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah PPU Tohar, Ketua DPRD PPU Syahruddin M Noor, perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) PPU, dan perangkat daerah terkait.

Dalam sambutannya, Hamdam menyampaikan bahwa pemerintah daerah menyambut baik dan mendukung kegiatan ini yang dilakukan atas kolaborasi oleh para pemuda PPU. Ia menyebut kegiatan ini sangatlah bermanfaat karena memberikan ruang bagi para pemuda untuk berkreasi dan menjadi wadah bagi para UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah) untuk memamerkan dan mempromosikan hasil usahanya.

“Harapan besar kami ke depan, tentunya, kegiatan ini bisa diselenggarakan setiap tahunnya. Karena dengan seringnya kegiatan seperti ini, pasti akan semakin terbuka kesempatan bagi pemuda-pemuda yang kreatif untuk menampilkan kreativitas-kreativitasnya, termasuk UMKM-UMKM kita untuk terus meningkatkan kualitasnya, sehingga seperti harapan panitia tadi bahwa akan menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” ungkapnya.

Terlebih dengan adanya pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang berdampak luas di wilayah PPU, Hamdam menyampaikan kepada masyarakat khususnya generasi muda untuk meningkatkan keterampilan dan keahliannya dalam bidang UMKM. Karena UMKM dibuktikan telah menjadi penopang ekonomi pada saat pandemi Covid-19 dan berkontribusi dalam menekan angka inflasi. Untuk itu, tidak ada alasan, sebut Hamdam, bagi pemerintah daerah untuk tidak terus memberikan dukungan kepada upaya setiap komponen dalam memberikan wadah bagi para UMKM untuk mengembangkan dirinya, seperti kegiatan Penajam Expo Nusantara 2022 ini.

“Tidak usah diragukan dukungan kami. Malam ini pemerintah daerah dan Forkopimda beserta Dewan hadir lengkap. Itu adalah bukti bahwa kami semua siap mendukung UMKM Penajam Paser Utara untuk terus berkembang. Walaupun mungkin sekarang dirasakan masih belum optimal, tapi insya Allah ke depan akan kita rajut pelan-pelan,” ucapnya.

Ia pun berharap agar UMKM PPU dapat terus berjaya untuk ke depannya. Hal ini sejalan dengan pernyataan Gunawan selaku Ketua Panitia Pelaksana yang berharap agar kegiatan yang diselenggarakan dapat menjadi inspirasi ke depan dalam upaya meningkatkan daya saing UMKM PPU. Ia menyebut bahwa selepas pandemi Covid-19 yang dirasakan bersama, kegiatan ini dapat menjadi titik tolak untuk bangkit bersama, khususnya UMKM.

Dalam laporannya, Ia menyampaikan bahwa panitia penyelenggara kegiatan merupakan gabungan dari seluruh elemen pemuda yang hadir menjadi satu kesatuan untuk memberikan sumbangsih kepada daerah. Ia pun mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk dapat memeriahkan kegiatan dan mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui kegiatan ini.

“Harapan terbesar, putra/putri Penajam Paser Utara dapat menjadi tuan rumah sendiri di Penajam Paser Utara, tentunya juga sebagai wilayah Ibu Kota Nusantara,” ucapnya.

Tak lupa Ia menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan berbagai pihak yang mendukung kegiatan tersebut. Acara akan berlangsung hingga 18 Oktober 2022 yang dimeriahkan oleh berbagai agenda seperti lomba Fashion Show Daur Ulang, Zumba Party, dan penampilan Kiki dari Bintang Pantura pada malam terakhir Penajam Expo Nusantara 2022.

“Insya Allah akan ada acara-acara berikutnya yang lahir dari kreativitas anak muda kita di Penajam Paser Utara,” tutupnya.(DiskominfoPPU/Advertorial/NK2)