45 Da’i di Paser Siap Menja di Mitra Polri Dalam Menjaga Kamtibmas

Anggota Polres Paser saat memberikan pelatihan Da’i Kamtibmas di Mapolres Paser

TANA PASER(NK) – Polres Kabupaten Paser mengadakan Pelatihan Da’i Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) Mitra Polri, yang diadakan di Mapolres Paser, Rabu (11/01/2017).

Sebanyak 45 orang Da’i yang hadir dalam Pelatihan,  mengaku selalu siap untuk menjadi mitra Polres Paser dalam menjaga Kamtibmas wilayah Kabupaten Paser. Hal itu diungkapkan Dalle, salah satu Da’i yang ikut serta dalam pelatihan tersebut. Ia menuturkan Polri dan Da’i telah bermitra sejak lama, yang tujuannya tentu untuk saling menjaga keamanan melalui pendekatan keagamaan.

“Sebenarnya ini sudah lama terbentuk dan ini sukarela kita membantu, karena tidak ada istilah honor,”ujar Dalle di sela-sela kegiatan.

Dijelaskan Dalle, dalam hal ini Da’i hanya bertugas untuk memberikan nasehat-nasehat keagamaan jika terjadi suatu permasalahan menyangkut paham radikal di tengah-tengah lingkungan masyarakat Kabupaten Paser.

Dai Mitra Polres Paser ini adalah yang telah paham mengenai agama, karena inti dari pada tugas kita untuk mencegah paham radikal. Rata-rata yang ada ini background agama yang tidak ada keterkaitan dengan yang lain, hanya mengurus agama saja,”tambahnya.

Disamping itu Kapolres Paser AKBP Hendra Kurniawan melalui Kasat Binmas Polres Paser AKP Fahrurraji menyampaikan, 45 orang Da’i tersebut merupakan para Da’i yang dipilih langsung oleh Ustadz yang biasanya memberikan ceramah di Mapolres Paser.

“Kami mengundang 51 Da’i, namun karena ada yang berhalangan hanya 45 Da’i yang hadir dan mereka semua merupakan perwakilan Da’i di sepuluh Kecamatan. Satu Kecamatan kami undang 5 Da’i,”beber AKP Fahrurraji.

Kemudian pelatihan yang berlangung mulai pukul 09.00 wita hingga 14.30 wita tersebut diisi dengan mater-materi Kamtibmas yang disampaikan oleh Kasat Binmas, Kasat Intel, Kasat Narkoba, Kasat Lantas dan Kasat Reskrim.

“Setelah itu acara dilanjutkan dengan pemberian jaket dan sorban secara simbolis oleh Kapolres Paser, pemberian sertifikat serta kartu anggota Da’i kamtibmas,”tutupnya.(niken/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.