700 lebih pasukan dari 25 Satuan Ikuti Fire Drill dan Apel Siaga

SAMARINDA (NK) – Lebih dari 700 pasukan yang tergabung dalam 25 tim dari berbagai satuan relawan di kota Samarinda mengikuti apel siaga dan lomba tradisional dan drill bersama Balakarcana Kota Samarinda dan Info Taruna Samarinda digelar di Lapangan Puspita Bengkuring, Sempaja, Ahad, 28 Agustus 2022 sejak pagi hingga sore.

Acara yang digelar dalam rangka Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77 Tahun 2022 dan memperkokoh Silaturahmi sesama Relawan se kota Samarinda, Barisan Sukarelawan Kebakaran dan Bencana (Balakarcana) Kota Samarinda dan Info Taruna Samarinda (ITS) melaksanakan Apel gelar pasukan dan Lomba Fire Drill serta lomba tradisional berlangsung sangat meriah.

Rangkaian kegiatan yang diawali Apel gelar pasukan yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Samarinda Hendra A.H, Ia pun menyambut positif kegiatan yang dilaksanakan, “Harapan saya semoga bencana kebakaran di kota Samarinda dapat teratasi dan di eliminir tidak ada lagi, khusus untuk para relawan kegiatan ini sebagai ajang mengasah kemampuan di lapangan.” Kata Hendra dengan berapi-api.

Ketua pelaksana kegiatan, Sidik Umar Dani kepada media ini mengatakan, peserta yang mengikuti Apel gelar pasukan berjumlah kurang lebih 700 pasukan dari berbagai satuan relawan di kota Samarinda dan Peserta yang mengikuti lomba Fire Drill berjumlah 25 tim, kriteria lomba fire drill sendiri memakai sistem gugur dan dinilai langsung oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kota Samarinda. “Sifatnya bukan bersaing satu sama lain tetapi kesiapsiagaan untuk menghadapi bencana khususnya bencana kebakaran di kota Samarinda,” ujarnya.

Joko Iswanto atau yang biasa di sapa Jokis Ketua Info Taruna Samarinda (ITS) sekaligus salah satu pelaksana dalam kegiatan ini mengatakan bersyukur bisa berkolaborasi bersama Balakarcana untuk menyelenggarakan kegiatan seperti ini dan kerjasama ini baru pertama kali dilakukan.

“Mudah mudahan ini bisa menjadi contoh bagi relawan lainnya agar bisa menyingsingkan lengan bajunya untuk bersama sama menunjukan relawan ini tetap satu walaupun berbeda baju, berbeda nama, dan juga berbeda bendera,” pungkasnya.

Di samping itu, kegiatan ini untuk meningkatkan keterampilan tenaga relawan kota samarinda serta menumbuhkan jiwa patriotisme anggota dalam melaksanakan tugas, membangkitkan kembali jiwa korsa anggota pasukan serta optimalisasi pelayanan penanggulangan kebakaran bagi masyarakat di Kota Samarinda.

Adapun kegiatan Apel gelar Pasukan ini dihadiri oleh Kadisdamkar Kota Samarinda, Kapolsek Sungai Pinang, Perwakilan Kodim 0901 Samarinda, Ketua Umum Balakarcana Kota Samarinda, Ketua ITS, BPBD Kota Samarinda, TAGANA Kota Samarinda, dan satuan Relawan se Kota Samarinda.(*/Mun/NK)