Apresiasi Yonif Raider 613/Raja Alam, Pangdam VI Mulawarman Pimpin Upacara Penyambutan

Newskaltim, Balikpapan – Panglima Kodam VI Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso memimpin upacara dalam penyambutan Satuan Tugas Organik Satgas Purna Yonif Raider 613 Raja Alam, yang berlangsung di Pelabuhan Semayang Balikpapan pada, Jum’at (8/4) pagi.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) VI/Mlw Brigadir Jendral TNI Ibnu Bintang Setiawan, Inspektorat Kodam (Irdam) VI/Mlw Brigadir Jendral TNI Bambang Indrayanto, kemudian Kepala Kelompok Staf Ahli (Kapoksahli) Pangdam VI/Mlw Brigadir Jendral TNI R.P Invacius Pr Siagian, diikuti oleh Danlanal Balikpapan, Para Asisten dan Kabalakdam VI/Mlw.

Dalam Sambutannya, Pangdam mengucapkan terimaksih kepada Yonif Raider 613 Raja Alam yang telah menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia selama 11 bulan penugasan di Kabupaten Puncak Jaya dan Kabupaten Mimika Papua.

“Saya selaku Pangdam VI/Mulawarman dan atas nama seluruh keluarga besar Kodam VI/Mulawarman, mengucapkan selamat datang kepada Satgas Yonif Raider 613/Raja Alam sebagai Satgas Satuan Organik Papua di home base. Terima kasih yang sebesar-besarnya atas dedikasi dan pelaksanaan tugas dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, telah dilaksanakan secara profesional sehingga berjalan dengan baik, aman dan lancar,” ucapnya.

Dirinya berharap agar para prajurit dapat mempertahankan semangat, kebanggaan serta dedikasi yang telah diraih saat melaksanakan tugas di wilayah operasi.

Menurutnya, keberhasilan yang telah dicapai di daerah penugasan tersebut, dapat menjadi bekal dan pengalaman yang sangat berharga demi menyongsong tugas-tugas yang nantinya semakin berat dan penuh dinamika bagi para prajurit.

Pangdam juga menyampaikan Kepada Danyonif 613 Raja Alam dan seluruh prajurit agar segera melakukan inventarisasi dan pemeriksaan, baik personel, materiil maupun langkah-langkah administrasi lainnya sesuai ketentuan dan prosedur yang berlaku.

“ Pertanggung jawabkan semua peralatan Satuan yang digunakan selama operasi, laksanakan kegiatan Harcegah sebelum penggudangan agar peralatan tersebut tetap dapat digunakan dalam penugasan di masa yang akan datang”, imbuhnya

Kemudian, dilansir dari informasi penerangan Kodam VI Mulawarman, bahwa hal yang patut diapresiasi dari 450 personel Yonif Raider 613 Raja Alam yang berangkat selama bertugas kembali dalam keadaan selamat.

Bagi Pangdam, hal yang lebih membanggakan selama penugasan di Papua, Satgas Raider Yonif 613 Raja Alam berhasil mendapatkan 2 pucuk senjata jenis Mouser dan M 16.

Atas Prestasinya tersebut, kedua personel Yonif Raider 613/Raja Alam Serda Darius dan Praka Maigolan yang merupakan putra daerah asli Kalimantan telah mendapatkan piagam penghargaan dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad).

Selain itu, 109 personel lainnya mendapatkan piagam pengharagaan dari Dankolakops Pinang Sirih 03 Brigjen TNI Susilo. (NK/Era)