Banyak Relawan Tumbang, Perlu Suplay Vitamin

SAMARINDA (NK) – Beberapa anggota Relawan Info Taruna Samarinda (ITS) dan Emergency Medical Tiem (EMT) kota Samarinda terpaksa harus istirahat total di rumah akibat badan panas dingin, batuk pilek yang dialami relawan dan keluarga.

Salah satu relawan, Busu Alpin mengatakan, “Saya sempat kena 3 hari drop total, saya minum Jamu Merah, paracetamol istirahat cukup, bawa olahraga rutin. Makan juga harus paksa, alhamdulillah sekarang sudah berangsur-angsur mulai sehat,” tulis Busu Alpin di group WA TRC.

Salah satu relawan ambulance senior, Mujadi, mengatakan, “Musim Mas, batuk pilek badan Gregesi, sepertinya merata. Termasuk anak istri dan aku hampir saja ikutan,” ucapnya.

Ada juga crew dari Ambulance Tanah Merah yang terpaksa harus isolasi mandiri, karenanya adanya keluhan yang dialaminya mirip kena covid-19.

Menanggapi hal ini Ketua Info Taruna Samarinda Joko Iswanto berharap rekan-rekan yang mengalami gangguan kesehatan agar istirahat dulu di rumah, tidak usah beraktivitas, biar badan sehat dulu baru berkegiatan kembali.

Jokis, panggilan akrab Joko Iswanto selama ini kami dari ITS belum pernah mendapat suplay vitamin untuk anggota relawan agar badannya tetap sehat dari dinas terkait. “Mereka ya beli vitamin sendiri-sendiri, kalau sakit beli obat sendiri, ke puskesmas juga bayar sendiri bagi mereka yang tidak memiliki BPJS,” terang Jokis.

Jokis tidak terlalu berharap dengan pemerintah. “Jika keberadaan relawan dianggap sangat membantu masyarakat pasti akan diperhatikan pemegang kebijakan. Tapi selama ini justru relawan yang membantu pemerintah dan lebih memperhatikan kebutuhan masyarakat yang memerlukan pertolongan,” pungkasnya. (nk-01)