Belasan Ambulans Bersiaga Sepanjang Rute Pawai Pembangunan

SAMARINDA (NK) – Mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi disaat pawai pembangunan yang berlangsung sejak Sabtu (20/8) pagi. 12 ambulans relawan yang tergabung di Emergency Medical Team-Info Taruna Samarinda (EMT-ITS) akan bersiaga di berbagai titik sepanjang rute pawai.

Untuk mensinergikan posisi di lapangan dilakukan rapat singkat yang di gelar di Jalan Balaikota, Samarinda Kota, Jumat (19/8) sore dengan menghadirkan personel dan mobil ambulans.

Ketua EMT, Muhammad Rizki menjelaskan, hasil koordinasi di lapangan. Terdapat sembilan titik disepanjang lintasan pawai. Masing-masing titik akan dijaga satu hingga dua unit ambulans relawan. Kesemua mobil ambulans ini sudah bersiaga sejak pukul 06.30 Wita.”Masing-masing ambulans dibekali dengan perlengkapan medis. Jika kondisi pasien perlu dirujuk maka akan langsung diantar ke rumah sakit terdekat, ungkap Rizki.

Sementara ketua Info Taruna Samarinda, Joko Iswanto menambahkan, selain mengantisipasi peserta pawai kelelahan atau insiden lainnya. Unit ambulans juga membantu warga yang membutuhkan bantuan medis khususnya pertolongan pertama.”Rekan Ambulans relawan ini sudah dibekali sengan ilmu pertolongan Bantuan Hidup Dasar (BHD). Jadi mereka sangat paham dan apa yang harus dilakukan saat dilapangan,” ungkap Jokis sapaam akrabnya.

Meski telah menyiapkan ambulans di berbagai titik. Jokis berharap pelaksanaan pawai yang digelar Pemerintah Kota Samarinda ini bisa berjalan aman dan tertib. Serta tidak ada insiden apapun baik dari peserta maupun penonton.

“Semoga berjalan sebagai mana yang kita harapkan. Dan kepada warga untuk tetap waspada saat menonton. Kepada para orang tua untuk selalu menjaga putra putrinya.

Sementara itu, Munanto, penanggungjawab ambulans Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Kalimantan Timur (PWI Kaltim) Peduli, mengatakan, Unit putih PWI Kaltim Peduli akan stanby sesuai pos yang dibagi dan disepakati bersama pada apel EMT-ITS yang berlangsung di halaman parkir belakang Balai Kota Samarinda, Jumat sore, 19 Agustus 2022.

Dalam pembagian wilayah tersebut Ambulans PWI Kaltim Peduli mendapatkan tugas siaga standby di depan Polsek Kota Samarinda, jalan Bhayangkara. “Kita berdoa semoga peserta pawai dan masyarakat pada sehat semua, dan tidak ada kejadian darurat. Seandainya terjadi hal darurat evakuasi yang dilakukan adalah melintas ke jalan basuki rahmat menuju RS H. Darjat, atau Ke RS Bhakti Nugraha, bisa juga ke RS Dirgahayu,” Jelasnya.

Koordinator Ambulans EMT-ITS siaga Pawai Muhammad Rizky mengatakan beberapa beberapa titik telah dibagi masing-masing satuan, antara lain PWI Kaltim di depan Polsek Kota Jalan Bhayangkara, Jalan Awang Long (Colorado) di back-up Ambulans RTS Kota dan IKAT, Jalan Jend. Sudirman (Veteran) : Ambulans LSM Pawang dan Perindo, Pertigaan Jalan KH Khalid (Hotel MJ) : Ambulans KKSS.

“Di Jalan P Diponegoro (Bank Permata) : Ambulans PMI Samarinda, Jalan Imam Bonjol Ambulans Papadaan, Jalan Basuki Rahmad (simpang danau toba) : Ambulans FKPM Tanah Merah dan Ambulans Ika Pakarti, Jalan Agus Salim (Pertigaan danau toba) Ambulans Restana, dan Jalan Kesuma Bangsa (SPBU) Ambulans Icare, Sedangkan Ambulans 112 mengawal barisan ITS.” papar Rizky. (*/NK)