Danrem 091/ASN Tinjau Posko COVID-19 Kelurahan di Wilayah Bontang

BONTANG (NK) – Komandan Korem (Danrem) 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro, S.I.P., M.Si. meninjau Posko COVID-19 Tingkat Kelurahan di wilayah Kodim 0908/Bontang yang berlokasi di Jalan A. Rauf No 40 RT 10 BTN Kelurahan Belimbing, Kecamatan Bontang Barat, Kota Bontang, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu (20/2/2021).

Danrem 091/ASN didampingi Dandim 0908/Bontang, Letkol Arh Choirul Huda S.Sos.M.I.Pol serta para perwira Staf Kodim 0908/Bontang.

Danrem pada kesempatan itu mengatakan, menyambut baik pembentukan Posko Penanganan COVID-19 tingkat Kelurahan tersebut. Keberadaannya diharap memudahkan koordinasi para pihak pemangku kepentingan terkait dalam penanganan COVID-19 di kota Bontang.

“Posko di tingkat desa atau kelurahan diperlukan sebagai sarana dalam upaya pengendalian pandemi Covid-19 agar lebih tepat sasaran di tingkat mikro. Posko yang dipimpin oleh kepala desa / lurah dalam kegiatannya melibatkan beberapa SDM diantaranya Babinsa, Bhabinkamtibmas, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, penyuluh, pendamping, tenaga kesehatan, relawan, PKK, dan karang taruna,” jelas Danrem.

Menurutnya, posko ini berfungsi sebagai pusat perencanaan, koordinasi, pengendalian dan evaluasi kegiatan penanganan Covid-19 dalam skala mikro. Dilaksanakan dengan pendekatan kesepakatan, komunitas, gotong royong, kompak, dan adapti

“Posko penanganan Covid-19 di tingkat desa atau kelurahan memiliki empat aspek penting, yakni pencegahan, penanganan, pembinaan, dan pendukung. Aspek pencegahan terdiri dari sosialisasi, penerapan 3M serta pembatasan mobilitas.” pungkasnya. (*/bah)