Detik-Detik Penurunan Sang Saka Merah Putih

PENAJAM (NK) – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Hamdam memimpin Upacara Penurunan Sang Saka Merah Putih di halaman Kantor Bupati PPU, Rabu (17/08/2022) sore. Upacara ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di PPU. Bertugas sebagai Komandan Upacara, AKP Arif Ridho dari Polres PPU. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) PPU, seluruh perangkat daerah, organisasi masyarakat (ormas) PPU, perwakilan siswa SMA PPU, beserta tamu undangan lainnya.

Penurunan Sang Saka Merah Putih dilakukan oleh Firdaus Alfianur siswa SMK Dharma Husada PPU, M. Rusdhin Al Rizal Nur siswa SMKN 4 PPU, dan Andi Baso siswa SMKN 4 PPU. Ketiganya merupakan bagian dari Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang sebelumnya bertugas pula untuk mengibarkan bendera pada pagi hari. Tim ini terdiri dari tiga puluh dua siswa terpilih dari seluruh SMA yang ada di PPU.

Upacara Penurunan Sang Saka Merah Putih berlangsung dengan khidmat, diiringi oleh Korps Musik Gita Praja Wibawa Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) PPU, dan disaksikan pula oleh masyarakat PPU. Sang Saka Merah Putih dibawa kembali oleh Alisah Putri siswa SMAN 4 PPU selaku Petugas Pembawa Baki dan diserahkan kepada Hamdam selaku Inspektur Upacara untuk disimpan kembali.(DiskominfoPPU/Advertorial/NK2)