Disnakertrans PPU Sidak, 10 WNA Terjaring

PENAJAM (NK) – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), melakukan sidak warga negara asing (WNA), yang bekerja di perusahaan. Dari hasil inspeksi tersebut ada 10 orang terjaring, mereka berasal dari Tiongkok.

Hal ini disampaikan Sekretaris Disnakertrans PPU, Yahya, Kamis (18/3/2021) di Penajam.

Disebutkan, sidak dilakukan lantaran ada laporan masyarakat terhadap adanya tenaga kerja asing. Sementara Disnakertrans tidak tahu apakah tenaga kerja atau ada kepentingan lainnya. Sehingga mereka melakukan koordinasi dengan tim pengawasan orang asing. “Iya ada 10 orang yang terjaring dari sidak itu, mereka asal Tiongkok,” paparnya.

Namun demikian, Yahya memastikan ke-10 WNA tersebut tidak melanggar aturan. Hanya memang tidak melapor ketika datang.

“Mereka menggunakan visa kerja, dia juga memiliki surat izin tinggal sementara yang elektronik (Sitas) untuk bekerja. Mereka juga memiliki izin kerja yang dikeluarkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan,” imbuhnya.

Yahya pun menyayangkan secara etika karena kedatangan tenaga kerja asing tidak melapor. Baik itu, ke Disnakertrans selaku dinas yang membidangi, maupun ke Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) melalui Tim pengawasan orang asing (Timpora).

“Harusnya mereka datang lapor dulu sebelum beraktivitas di daerah,”Sesalnya. (NK2)