DPRD PPU Dorong Pemkab PPU Perbaikan Akses untuk Dukung Pembangunan IKN

PENAJAM (NK) – Akses jalan daerah di Penajam Paser Utara (PPU) kini juga perlu masuk dalam program prioritas Pemkab PPU. Dorongannya ialah sebagai pendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Rencana pemerintah pusat untuk merekaisasikan pembangunan istana negara pada 2022 ini, disambut baik DPRD PPU. Seperti dikemukakan Anggota Komisi III DPRD PPU, Zainal Arifin bahwa hal itu sesuai dengan harapan masyarakat PPU.

“Kalau pembangunan istana informasinya mulai pada Agustus ini, tentu merupakan kabar baik dan kita harus sambut,” ungkapnya Selasa (9/8/2022).

Selain pembangunan istana yang akan segera dilakukan, pembangunan berbagai Infrastruktur juga sudah mulai dilakukan. Mulai dari pembangunan bendungan Sepaku-Semoi, pembangunan Intake Sungai Sepaku untuk menunjang kebutuhan air bersih masyarakat di wilayah IKN, serta pelebaran jalan sebagai akses ke IKN nantinya.

“Pelebaran jalan juga tentunya diharapkan bisa berdampak positif terhadap ekonomi masyarakat,” lanjutnya.

Proses pembangunan yang signifikan ini kata Zainal menandakan bahwa Ibu kota benar-benar pindah ke Sepaku.

Kemudian ia berharap, pemerintah pusat juga membangun jalan dari Kelurahan Buluminung menuju Jembatan Pulau Balang.

Karena, akses jalan tersebut sampai saat ini belum terkoneksi lantaran anggaran pemerintah daerah tidak mampu membiayai. “Kami berharap tahun depan jalan dari Buluminung ke arah Jembatan Pulau Balang juga dibangun karena, akses jalan itu juga terkoneksi dengan akses jalan menuju IKN,” tutupnya. (ADV/KPB)