GOW Balikpapan Siap Mendukung dan Mengawal Pembangunan IKN Nusantara

BALIKPAPAN (NK) – kehadiran Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim) mendapat dukungan dari berbagai kalangan masyarakat salah satunya Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Balikpapan, GOW merupakan organisasi yang berperan dalam pengembangan perempuan. GOW mempunyai konsistensi dalam memperjuangkan peningkatan peran, kualitas dan wawasan kaum perempuan khususnya di Kota Balikpapan.

Hj. Suharti selaku Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Balikpapan mengutarakan hal yang berkaitan dengan kesiapan organisasi wanita yang turut berkontribusi dan mengawal pembangunan IKN Nusantara.

“Dengan adanya kehadiran IKN ini merupakan hal yang bagus sekali, untuk perkembangan terutama untuk Balikpapan, sebagai kota penyangga di IKN itu sendiri,” ujar Suharti.

“Saya sampaikan kepada teman-teman organisasi wanita, bahwa kita harus siap terutama menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menyambut IKN,” tambahnya.

Menurut Suharti, karena kalau tidak siap dengan peningkatan SDM, pasti akan ketinggalan dengan pendatang-pendatang terutama perempuan-perempuan pengusaha khususnya.

Upaya meningkatkan sumber daya untuk kaum perempuan sendiri yaitu di bidang usaha. “Karena nanti akan banyak orang yang datang ke IKN, tentunya membutuhkan segala macam kebutuhan konsumsi,” pungkasnya.

“Kebutuhan tempat tinggal dan kebutuhan seperti cleaning service, laundry dimana itu semua dibutuhkan,” lanjutnya.

Dengan hal tersebut, Suharti menganjurkan kepada seluruh anggota yang tergabung di GOW, untuk meningkatkan lagi service dan usaha-usaha.

“Supaya paling tidak bisa sejajar dengan kaum pendatang, jadi saya sampaikan kepada anggota yang punya lahan jangan dijual,” tuturnya.

“Kalau memang ada modal ditingkatkan menjadi hunian yang layak huni untuk yang akan hadir, karena semua yang akan datang ke IKN tidak semuanya punya rumah, itu adalah suatu PR kita sebagai perempuan untuk meningkatkan taraf hidup atau ekonomi keluarga melalui keberadaan IKN,” terangnya.

Selain itu, kepada Pemerintah untuk peduli kepada kaum perempuan agar bisa meningkatkan pelatihan-pelatihan di bidang UKM.

Kemudian pelatihan-pelatihan dibidang marketing, sehingga bisa ikut serta menikmati IKN yang keberadaannya di Kalimantan Timur.

“Karena kita tahu bahwa IKN ini datangnya seperti tiba-tiba, sehingga kita mau tidak mau harus siap dan kita harus memperdayakan diri supaya kita tidak ketinggalan dengan perempuan yang lain,” ucapnya.

Dampak dari adanya IKN terutama dari segi ekonomi yang tadinya teman-teman produknya kurang laku dengan adanya IKN, dan banyaknya penduduk yang datang nanti ke Balikpapan atau ke IKN tentunya ini akan menambah gairah UMKM.

“Dampaknya ini akan menggembirakan dan meningkatkan taraf hidup keluarga masing-masing,” kata Sunarti.

“Oleh karena itu sebagai ketua organisasi wanita beserta seluruh anggota yang tergabung, kita mendukung adanya pemindahan IKN di Kalimantan Timur,” imbuhnya.

Suharti berharap, agar pembangunan IKN cepat terealisasi berjalan lancar dan kondusif, selama pembangunannya sesuai dengan target pemerintah dan 2024 bisa pindah istana pemerintahnya. (Bah/NK)