Grand Final Pemilihan Puteri Pariwisata dan Duta Wisata Benuo Taka PPU 2022

PENAJAM (NK) – Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Ahmad Usman, membuka Grand Final Pemilihan Puteri Pariwisata dan Duta Wisata Benuo Taka Penajam Paser Utara 2022 di aula lantai I Kantor Bupati PPU, Senin (08/08/2022) malam. Ajang ini diikuti oleh sepuluh pasang finalis Duta Wisata yang terseleksi dari empat puluh satu orang pendaftar dari seluruh kecamatan yang ada di PPU.

Ahmad Usman dalam kesempatan tersebut menyampaikan salam dari Pelaksana Tugas (Plt) Bupati PPU yang berhalangan hadir karena bersamaan dengan kegiatan yang lain. Dalam arahannya, Ahmad Usman menyampaikan bahwa potensi keberagaman sumber daya manusia dan sumber daya alam yang ada di PPU dapat dimanfaatkan terkait dengan perhelatan duta wisata ini.

“Dengan adanya sumber daya, dengan adanya adat istiadat, sumber daya alam yang tersebar pada 54 desa/kelurahan itu adalah obyek-obyek wisata kita,” sebutnya.

Ia juga menyampaikan bahwa seorang duta wisata tidak hanya punya kelebihan secara fisik dan kepribadian yang baik, tetapi juga pemahaman, kepekaan, dan kecakapan dalam menyikapi situasi yang ada di sekitarnya. Hal ini merupakan bekal bagi duta wisata dalam menggali potensi wisata dan mempromosikan wisata-wisata yang ada di PPU. Terlebih dengan adanya Ibu Kota Negara Nusantara.

Dalam kesempatan yang sama, Andi Israwati Latief selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) PPU menyampaikan bahwa kegiatan yang diikuti dua puluh finalis ini telah berlangsung sejak 5 Agustus 2022. Kegiatan juga dilengkapi dengan karantina untuk pembekalan mengenai public speaking, ekonomi kreatif, etika berbusana dan modeling, personal branding, pertunjukan bakat dan wawancara, serta table manner.

“Peran duta wisata serta puteri pariwisata ini sangat penting dalam pertumbuhan serta pembangunan di Kabupaten PPU khususnya di bidang pariwisata. Mulai dari memperkenalkan destinasi wisata, seni budaya, adat istiadat kepada masyarakat luar sehingga bisa dikenal oleh khalayak umum,” ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa tujuan diadakannya Pemilihan Duta Wisata Kabupaten PPU Tahun 2022 adalah sebagai sumber inspirasi dan motivasi generasi muda untuk melestarikan budaya dan memperkenalkan serta mempromosikan potensi wisata.

“Perlu kami sampaikan, tahun ini kami akan mengirimkan Puteri Pariwisata Tahun 2021 ke tingkat nasional. Mohon doanya, semoga perwakilan Penajam Paser Utara ke ajang nasional mewakili Provinsi Kalimantan Timur pada bulan September 2022 dilancarkan dan meraih juara,” harapnya.

Ajang Grand Final Pemilihan Puteri Pariwisata dan Duta Wisata Benuo Taka PPU 2022 ini dinilai oleh para Dewan Juri yang terdiri dari Satriani Sirajuddin Hamdam selaku Ketua Tim Penggerak PKK PPU, Andi Israwati Latief selaku Kepala Disbudpar, Siska Tangdibali selaku pebisnis dan pemilik yayasan SanSis Children (Kampung Inggris) PPU, Christian N.S. selaku Kepala Bidang Kebudayaan dan Produk Pariwisata Disbudpar PPU, dan Ellis Prihandini Hakim selaku desainer muda dan Puteri Pariwisata Favorit Kaltim 2013.

Ajang ini dimenangkan oleh Rhenaldo Elvanda Pratama Burhan dan Eli Renia sebagai Duta Wisata Benuo Taka PPU 2022, sedangkan May Syah Zahrah terpilih sebagai Puteri Pariwisata PPU 2022. Selain itu, terpilih pula Muhammad Rivaldy Sheva Syaputra dan Sindy Aulia sebagai Wakil I Duta Wisata serta Muhamad Astian dan Yunita sebagai Wakil II Duta Wisata.

Dalam ajang ini, terpilih pula Muhammad Akbar Syahril dan Abigail Fahriyah Calista sebagai Duta Wisata Persahabatan, Imam Dzulvan Muffid dan Revalina Nadhiroh sebagai Duta Wisata Intelegensia, serta Adam Aliyansyah dan Wianda Salsabilla sebagai Duta Wisata Favorit.(DiskominfoPPU/Advertorial/NK2)