H-9 Dishub PPU Terus Amati Arus Balik

PENAJAM(NK) – Memasuki H-9 Lebaran, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) siap melakukan pengamanan arus mudik di PPU. Hal tersebut diutarakan Kepala Dishub PPU, Ady Irawan saat diwawancara di kantornya. Kamis, (7/6/2018).

Ady mengatakan, pos simpatik pengamanan arus mudik dibangun di tiga lokasi yakni Pelabuhan Ferry Penajam, Terminal Angkutan Umum Penjam, dan di Kelurahan Petung. Diterangkannya, personel gabungan yang terlibat dalam pengamanan arus mudik lebaran diantaranya, Dishub PPU, Polres PPU, Kodim0913/PPU, Satpol PP PPU, Badan Penanggulangan Bencana Daerah PPU, Jasa Raharja, Pramuka, dan Dinas Kesehatan (Dinkes).

Kalau di Dishub PPU, kita turunkan 15 personel dari wasdal untuk di lapangan. Tapi semua personel di kantor kita stanby kan guna antisipasi sewaktu-waktu dibutuhkan,”ungkapnya.

Dirinya memprediksi peningkatan kepadatan arus mudik akan mulai muncul pada H-6 lebaran, terlebih menurut Ady, pada Jumat, (8/6/2018) besok, PNS sudah mulai cuti bersama. Kegiatan Operasi Ketupat ini dilakukan selama 14 hari mulai H-6 hingga H+7 Lebaran.

“Mulai sabtu sepertinya sudah mulai ada kelonjakan penumpang. Jadi, titik perhatian kita dalamwaktu dekat ini lebih ke pelabuhan speedboat, kelotok dan ferry di Penajam,”jelasnya.

Ditambah Ady, dirinya juga telah dilakukan pengecekkan terhadap kondisi armada di pelabuhan speedboat dan kelotok serta terminal Penajam. Hasilnya, semua armada masih layak digunakan,hanya ada beberapa armada yang dimintanya untuk diperbaiki agar lebih aman dan nyaman bagi penumpang.

“PPU merupakan jalur lintas mudik baik dari Kabupaten Paser, Balikpapan maupun sampai pemudik dari Provinsi Kalimantan Selatan. Oleh katena itu kita menghimbau para pemudik agar lebih mempersiapkan diri dan berhati-hati, terlebih pada pemudik baru yang belum hapal medan di PPU,”jelasnya.(aris/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.