Inovasi Serbu Gass Kabupaten PPU Mendapat Penghargaan Nasional

PENAJAM (NK) – Inovasi Seratus Bank Sampah Unit dan Gerakan Sedekah Sampah (Serbu Gass) yang dikelola Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) meraih penghargaan tingkat nasional Kompetisi Inovasi Pelayan Publik (KIPP) tahun 2021. Penyerahan penghargaan tersebut dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB).

Dihadiri Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) PPU Muliadi, didampingi Kepala DLH Tita Deritayati berserta jajaran yang diadakan secara virtual di aula lantai I Kantor Bupati PPU selasa (9/10/2021).

Dengan inovasi Serbu Gass tersebut Kabupaten PPU berhasil masuk dalam top 5 replikasi inovasi pelayanan publik tahun 2021 bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan, Badan Riset dan Inovasi Nasional, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, juga Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin.

Ditemui seusai acara Kepala DLH Tita Deritayati mengatakan target inovasi ini berjangka waktu yang dimulai dari tahun 2020. Tujuan untuk menjangkau sumbernya yaitu masyarakat, disediakan bank-bank sampah unit yang ada diseluruh kelurahan hingga desa di Kabupaten PPU.

” Saya berharap ya, untuk keberlanjutan inovasi tetap berjalan dan targetnya masing-masing RT sudah memiliki bank sampah tersendiri ,” ucap Tita.

Melalui inovasi Serbu Gass ini, telah terbentuk lebih dari 100 Bank Sampah Unit yang tersebar di Kelurahan dan Desa yang ada di Kabupaten PPU. Karena ini salah satu keinginan kita untuk mengurangi timbunan sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

” Untuk kedepannya semoga saja inovasi bank sampah ini dapat menginspirasi bagi SKPD, pelaku usaha, dan sekolah- sekolah untuk pemanfaatan sampah organik ,” pungkasnya (Advertorial/NK2)