Kadis Kesehatan Kaltim Support Relawan Ambulan EMT-ITS

SAMARINDA (NK) – Peran relawan Ambulance di wilayah Kalimantan Timur yang cukup membantu warga mendapat apresiasi dari Kepala Dinas kesehatan Provinsi Kalimantan Timur. Bentuk apresiasi tersebut berupa pemberian bantuan alat pelindung bagi tugas harian relawan Ambulance yang pasti ketemu dengan orang sakit, berupa baju coveral (Boho) dan face Shield (acrylic) senilai Rp34.200.000.

Penyerahan bantuan sebagai apresiasi disampaikan kepala dinas kesehatan provinsi Kalimantan Timur DR.dr.H. Jaya Mualimin, Sp.KJ.M.Kes.MARS diterima Joko Iswanto ketua Info Taruna Samarinda (ITS) di depan Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur jalan Abdul Wahab Sjahranie Samarinda disaksikan 27 ketua satuan relawan yang hadir tergabung di Emergency Medical Team Info Taruna Samarinda (EMT-ITS).

Sebelum penyerahan bantuan Kadis Kesehatan didampingi Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Provinsi Kaltim dr. Ronny Setiawati sempat berdialog dengan relawan Ambulance yang hadir berlangsung di ruang rapat lantai 2 Dinas Kesehatan, Rabu, 16 Nopember 2022.

Dalam kesempatan tersebut Ketua ITS Joko Iswanto atau yang biasa di sapa Jokis menyampaikan bahwa keberadaan relawan unit emergency medical Team perlu mendapat support dari dinas terkait, terutama menyangkut perlengkapan habis pakai seperti sarung tangan latek, emergency kit. Selain itu juga perlu di support untuk peralatan P3K lainnya.

Menanggapi hal tersebut mantan direktur Rumah Sakit Jiwa Atma Husada Mahakam, Jaya Mualimin menyampaikan bahwa apa yang dilakukan oleh relawan Ambulance adalah bagian dari pelayanan kesehatan. Sudah seharusnya mendapat support dari dinas terkait. “Kawan-kawan Ambulance harus silaturahmi dengan para direktur rumah sakit. Semoga bisa saling sinergi.” kata Jaya.

Jaya mengakui bahwa ada berapa alat kesehatan yg belum terpenuhi, seperti Screcher. “Ada mekanisme jika aset barang milik pemerintah harus dihibahkan atau dihapuskan baru diserahkan ke relawan. Tahun depan untuk emergency kit kita akan usahakan. Ini adalah bagian dari upaya kita sebagai pelayanan kesehatan. Makanya saya ajak kepala bidang pelayanan kesehatan dr. Ronny Setiawati turut hadir.” kata Jaya Mualimin.

Dalam kesempatan tersebut Jaya berpesan bagi relawan yang bertemu dengan warga Kaltim diharapkan membantu menanyakan KTP. “Bila ketemu, sudah punya KTP belum, jika warga sudah punya KTP cek kan apakah warga sudah punya kartu BPJS. Atau sudah terdaftar sebagai peserta BPJS. Ini sangat penting sekali.” pintanya.

“1,8 jiwa penduduk di Kaltim harus punya BPJS, ini tekad pak Gubernur Kaltim. Maka dari itu semua pelayanan dengan kartu BPJS di Rumah sakit gratis. Jika emergency seperti ini bawa saja ke UGD, kasus emergency tidak perlu ke faskes pertama. Yang penting segera dapatkan tindakan pertolongan. Tapi jika berobat jalan, tanyakan dulu sudah ada rujukan atau belum ke pihak keluarga, agar tidak bolak-balik.” jelas Jaya.

Hadir dalam kesempatan tersebut relawan Ambulan RKM Gunung Kelua, Ambulance IKA PAKARTI, Ambulan Rescue Sengkote, Ambulance FKPM Loa Buah,Ambulance BPW KKSS KALTI M, Ambulance L.S.M Pawang Fire & Rescue, Ambulan PWI Kaltim Peduli, Ambulance Yayasan AR Rasyidin, Ambulance Relawan Kaganangan, Ambulance Black ORCA, Ambulance IKAT, Ambulan BPK Sekumpul, Ambulance Papadaan, Ambulan Baguna, Ambulance FKPM Tanah Merah, Ambulance Icare Kaltim, Ambulance Restana.

Tampak hadir juga relawan Ambulance RTS Palaran, ambulance Relawan Cendana, Ambulance RTS Kota, Ambulance DPU Humanity Care Kaltim, Ambulance Partai Perindo, Ambulance LSM Pesut Mahakam, Ambulance Command Center NPD 112 Kota Samarinda, Ambulance balakar Handil Kopi, dan Ambulance RKM Annoor. (Mun/NK)