ADVERTORIAL - PARLEMENTARIABorneoDPRD KALTIMHEADLINEKaltim

Ketua Komisi II DPRD Kaltim Dorong Koperasi Jadi Motor Ekonomi Daerah

SAMARINDA (NK) – Koperasi di Kalimantan Timur (Kaltim) diminta untuk lebih aktif dan berkembang sebagai motor perekonomian daerah. Hal ini disampaikan oleh Ketua Komisi II DPRD Kaltim, Nidya Listiyono, yang mengawasi bidang perekonomian dan pembangunan.

Menurut Nidya, koperasi memiliki peran strategis dalam meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat, serta mendukung pembangunan daerah. Ia menekankan perlunya dukungan pemerintah terhadap keberadaan dan pengembangan koperasi di Bumi Mulawarman.

“Koperasi sangat penting dalam menjaga dan mengembangkan perekonomian bangsa, karena berpotensi menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan, mengurangi kemiskinan, dan meningkatkan ketahanan perekonomian,” ujar Nidya belum lama ini.

Ia menyoroti data Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta UKM Kaltim yang mencatat ada 2.901 koperasi yang aktif dari 5.745 koperasi di kabupaten/kota. Jumlah ini menunjukkan bahwa koperasi berkontribusi pada ekonomi lokal melalui berbagai jenis usaha.

Namun, Nidya juga mengingatkan bahwa masih ada 2.844 koperasi yang tidak aktif, yang menunjukkan potensi pertumbuhan dan aktivasi di masa depan. Ia mendorong koperasi di Kaltim dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas usaha, serta berkolaborasi dengan pihak-pihak lain untuk menciptakan sinergi dan inovasi.

“Saya mengajak semua pihak untuk berkolaborasi mewujudkan koperasi yang tangguh, kokoh, dan berdaya saing di Kaltim,” tegasnya. (Adv/NK)