Lagi, TNI-AD Buka Posko Kemanusian Korban Terdampak Banjir di HST

BARABAI (NK) – Kembali TNI- AD melalui Pusat Kesehatan Angkatan Darat (Puskesad), Jumat (22/1/2021), kembali membuka posko kemanusian di desa Haliu tepatnya di RT 001 dan RT 002, Kecamatan Batu Benawa, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel)

Desa Haliu, merupakan salah satu desa yang terdampak oleh bencana banjir yang sangat parah, banyak rumah warga yang rusak diterjang derasnya air yang turun dari pengunungan Meratus.

“Pasca banjir tersebut banyak warga masyarakat mengeluhkan tentang kesehatan,” terang Danramil 1002-07/Pagat, Kapten Inf Andi Tiro. kepada media ini Jumat di Posko Kemanusia Puskesad.

Ketua Tim Kesehatan Letkol Ckm dr. Zaenudin Spa menegaskan, TNI-AD melalui Puskesad mendirikan posko kemanusian musibah banjir dengan memberikan pelayanan kesehatan gratis.

“Kami sangat terpanggil untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada warga yang terdampak banjir yang melanda Provinsi Kalimantan Selatan dan salah satunya di Kabupaten Hulu Sungai Tengah,” imbuhnya.

Masih menurut Zaenudin, hari ini di desa Waki pihaknya  memberikan pelayanan kesehatan kepada 91 orang, dengan rincian 11 balita dan 80 orang dewasa.

Diungkapkannya, dari hasil diagnose pihaknya, kebanyakan orang dewasa mengalami gangguan kesehatan seperti Hipertensi, Darmatitis, Dispesia, DM dan ada juga mengalami luka dibagian kaki, di tangan dan kunjung sifitis dan Asma.

“Dengan kekuatan enam personel kesehatan kami bersama tim, memaksimalkan pelayanan kesehatan dan memberikan dengan pelayanan dengan tulus dan ikhlas kepada warga,” tegas Zaenudin. (*/bah)