Menuju Porwanas XIII Malang

PAGI itu, Ahad, 20 November 2022 kontingen Porwanas XIII PWI Provinsi Kalimantan Timur, tepat pukul 03.00 wita sudah berkumpul di bis yang menunggu parkir di dekat simpang 4 depan Gedung Veteran Jalan Harmonika. Bis PO Trans Kaltim dengan jumlah sheet 55 yang mengantarkan menuju Bandara Sultan Aji Muhammad Sepinggan Balikpapan.

Bis tidak dapat menuju langsung ke depan Gedung PWI Kaltim, yang terletak di Jalan Biola No. 8 Prevab Samarinda, karena di dekat simpang empat jalan biola-jalan harmonika adanya kabel Telkom yang melintang jalan terlalu rendah, sehingga rentan sangkut untuk kendaraan yang tinggi lebih dari 3 meter.

Sebelum berangkat, sekertaris PWI, Bung Wiwid Marhaendra cek jumlah anggota yang ikut rombongan menggunakan bis, ternyata ada satu anggota kontingen yang belum hadir. Ditunggu hingga pukul 03.25 akhirnya datang. Beliau adalah Bung Maturidi (Mantan Ketua PWI Provinsi Kaltim dia periode 2004-2009 dan 2009-2014.

Tepat pukul 03.30 akhirnya bis yang biasa melayani line Samarinda-Balikpapan itu pun bergerak, melintasi jalan kota Samarinda mulai jalan harmonika, masuk ke jalan Kesuma Bangsa, belok kanan ke Jalan Agus Salim, belok kanan lagi melintas jalan Abdurrasyid, melintas di bundaran taman samarendah, lanjut jalan Awang Long, jalan Gajahmada, RE Martadinata, jalan Slamet Riyadi hingga jembatan Mahakam dan menuju melewati stadion Palaran hingga masuk Tol Balsam.

Armada bis Trans Kaltim, yang menggunakan AC (angin ciwir-ciwir) masih terasa sejuk karena di malamnya sebagian wilayah kota Samarinda disiram air hujan, dan jalanan pun masih lengang. Hanya tampak beberapa mobil yang sebagian besar juga seperti mengarah ke Bandara SAMS Balikpapan. Namun mendekati jembatan Mahakam tampak segerombolan anak-anak muda menggunakan motor sambil memacunya dengan kecepatan tinggi. Kemungkinan mereka pagi latihan adu kecepatan atau biasa diistilahkan dengan sebutan “Bali” (balap liar).

Tepat pukul 04.38 bis memasuki rest area Tol B Km 36 Samboja. Rombongan Kontingen pun istirahat untuk menjalan sholat subuh, dan dilanjutkan dengan sarapan pagi dengan menu nasi kotak yang telah disiapkan dari Samarinda.

Pukul 05.30 bis mulai bergerak meninggal rest area melaju, hingga pukul 06.02 telah memasuki pintu tol Sepinggan. Dan tepat pukul 06.30 bis telah memasuki area jalur keberangkatan bandara SAMS Balikpapan.

PROSES CEK IN
Masing-masing koordinasi cabang olah raga membantu mengurus proses Cek in di counter penerbangan Superairjet yang terletak di sebelah paling barat dan hingga memasukkan bagasi.

65 anggota Kontingen PWI Kaltim akhirnya berhasil cek in 15 menit menjelang waktu boarding UI611 yang dijadwalkan boarding pukul 08.15 wita di gate 5.

Namun hingga jam ditentukan pesawatnya yang akan membawa juga belum ada tampak parkir di uppron gate 5.

DELAY
Beberapa saat setelah pukul 08.15 ada pengumuman bahwa Superairjet UI611 mengalami keterlambatan yang diperkirakan akan diberangkatkan pukul 10.30 wita.

Kompensasi delay pun muncul, dengan menunjukkan boarding pass, penumpang satu persatu bisa mengambil Snack biskuit dan air mineral gelas.

Akhirnya pesawat yang ditunggu-tunggu Superairjet PK-STZ dengan kode penerbangan UI610 dari Surabaya tepat pukul 09.44 wita pun landing. Namun setibanya di uppron tidak menuju ke belalai Gate-5, melainkan menuju parkiran uppron di gate-10, karena di gate 5 masih ada pesawat Lion Air.

Pengumuman untuk pindah pintu Boarding pun dikumandangkan, terdengar suara perempuan dengan alasan operasional penumpang Superairjet UI611 dipindahkan dari gate-5 menuju ke gate-10. Berbondong-bondong jalan kaki dari gate 5 ke gate 10 yang jaraknya mungkin ada 100 meter.

BOARDING
Akhirnya proses boarding pun dilakukan. sekitar pukul 10.05 Wita boarding pun dimulai. Tak sabar masing-masing ingin boarding duluan.
Saat proses boarding lebih kurang 50 persen kompensasi berupa makan siang pun datang. Yang boarding belakangan diminta mengambil kotak styrofoam dan air mineral gelas. Namun yg boarding duluan, terpaksa tidak mendapatkan kompensasi tersebut.

Ternyata dalam kotak styrofoam isinya nasi, tumis kacang, dan seperti naget ayam plus saus sambal sachet. Cukuplah untuk mengganjal perut yang sudah keroncong.

Tak lama setelah proses boarding, pesawat pun take-off. Dan sekitar pukul 11.10 wib, berhasil landing dengan mulus di bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo.

Sesi foto bersama di depan tangga pesawat pun dilakukan kontingen PWI Kaltim. Sampai-sampai ditegur petugas uppron agar segera menuju ke ruang kedatangan.

DISAMBUT PANITIA
Setibanya diruang kedatangan rombongan Kontingen Porwanas XIII PWI Kaltim pun di sambut panitia. Tak lupa pengalungan selendang dan pemberian bunga tangan diserahkan panitia diterima Ketua PWI Kaltim Endro S. Efendi. Sementara anggota yang lain seusai penyambutan selamat datang segera menuju ke tempat confiyor bagasi.

Setelah semua barang bawaan rombongan Kontingen PWI Provinsi Kaltim lengkap akhirnya diarahkan untuk keluar ruang kedatangan menuju ke bis yang telah disediakan. Dua unit medium bus pariwisata berwarna hijau dari Green Tour telah menunggu, dan siap mengantarkan Kontingen ke tempat transit di Lapangan Tenis Lapangan Universitas Negeri Malang.

Setibanya ditempat transit, panitia menjamu kontingen dengan nasi kotak lengkap dengan lauk pauk dan buah, sambil menikmati live musik dengan penuh kegembiraan dan semangat.

Selamat datang di bumi Ngalam, selamat bertanding, junjung sportifitas, semoga target 5 besar bisa tercapai dan menjadi tuan rumah Porwanas ke XIV terwujud.(Munanto/NK)