Pembukaan LMD I di Kabupaten PPU

PENAJAM (NK) – Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menggelar Latihan Manajemen Dawah (LMD) I di Kabupaten PPU. Kegiatan tersebut digelar di Aula Masjid Agung Al-Ikhlas Kelurahan Nipah-nipah, Jumat (11/02/2022).

Pelatihan manajemen dakwah tersebut diselenggarakan mulai tanggal 11 hingga tanggal 13 Februari mendatang, dengan mengusung tema “Dengan LMP Kita Dedikasikan diri Menjadi Mujahid Dakwah”.

Tampak hadir Assisten Bidang Pemerintahan dan Kesra PPU, Sodikin dan didampingi Pasi Log Dim 0913/PPU , Kapten Inf Slamet Pamuji, Ketua MUI PPU, Ust Abu Hasan Mubarok, Kabag Ren Resppu Kompol Muhadi, Kepala Kemenag PPU, Muchlis S., Ketua Umum DPD BKPRMI PPU Wakidi beserta para anggota BKPRMI Kabapaten PPU.

Saat membuka LMD I, Assisten Bidang Pemerintah dan Kesra PPU, Sodikin mengatakan Pelatihan dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) tentu merupakan aspek penting dalam dakwah. Peningkatan SDM ini juga juga dilakukan para da’i, seperti penanaman iman kepada Allah melalui ceramah dan tabligh dengan memperdalam makna-makna ajaran Islam, serta mengamalkannya bagi kemaslahatan umat.

Bahkan, lanjut Sodikin, Pemerintah Kabupaten PPU menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini, karena sejalan dengan misi Pemerintah Daerah, yaitu meningkatkan kualitas SDM, khususnya dalam ilmu keagamaan.

” Ilmu keagamaan sangatlah penting, karena dengan ilmu ini, seseorang tidak akan meninggalkan kewajiban dan menerjang perbuatan yang haram,” terang Sodikin.

Sementara itu, ia juga mengharapkan dalam pelatihan managemen da’wah ini mampu membantu para da’i dalam menyampaikan pesan dengan baik dan benar, serta pendalaman terhadap sikap dan tugas dakwah bagi masyarakat. Sehingga peran da’wah ini mampu memberikan pesan sekaligus tuntunan dalam pendalaman agama Islam.

” Dengan hadirnya organisasi kelembagaan Islam dalam managemen da’wah merupakan wadah untuk mencetak kader-kader dakwah yang lebih paham akan tujuan jalan dakwah yang sebenarnya,” jelasnya.

Di akhir sambutannya ia juga mengharapkan agar lembaga dakwah harus mampu menagement segala aktifitas dakwah secara keseluruhan, dengan memberikan pembinaan dan pelatihan kepada kader dakwah.

“Saya ucapan terima kasih kepada Dewan Pengurus Daerah LPPDSDM-BKPRMI Kabupaten PPU atas terlaksananya kegiatan pelatihan ini, beserta para jajaran dalam upaya peningkatan mutu dan kualitas lembaga da’wah di lingkungan Kabupaten Benuo Taka tercinta ini,” tutupnya (DiskominfoPPU/NK2)