ADVERTORIAL - PARLEMENTARIABorneoDiskominfo PPU - Pemkab PPUHEADLINEKaltimPPU

Pemkab PPU Jalin Kerjasama Dengan STT Migas Balikpapan

PENAJAM (NK) – Untuk kesekian kalinya Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menjalin kerja sama dengan perguruan tinggii dalam rangka untuk mendukung pembangunan di PPU. Kali ini kerja sama dijalin dengan Sekolah Tinggi Teknologi Minyak dan Gas (STT Migas) Balikpapan setelah Pelaksana Tugas (Plt) Bupati PPU, Hamdam menandatangani memorandum of understanding (MoU) antara Pemerintah Daerah (Pemda) dengan STT Migas Balikpapan yang digelar di ruang Wakil. Bupati PPU, Jumat (12/08/2022).

Penandatanganan MoU tersebut bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) lokal agar tidak tertinggal dengan pendatang, seiring dengan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Tujuannya untuk mengembangkan serta peningkatan dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan peningkatan kualitas SDM nantinya.

Seusai penandatanganan MoU, saat di jumpai Plt Bupati PPU Hamdam mengatakan jika pihaknya sudah banyak upaya meningkatkan SDM lokal, terutama dalam bidang pendidikan. Karena, ia tidak mau jika masyarakat lokal hanya menjadi penonton saat pembangunan IKN Nusantara, kalau bisa jadi peran utamanya.

“Tadi kita sudah menandatangani MoU bersama STT Migas Balikpapan, saya harap dengan kerjasama peningkatan SDM di Kabupaten PPU ini khususnya dalam rangka pembangunan IKN ini dapat terlaksana dengan baik. Sehingga, masyarakat kita tidak menjadi penonton karena kalah dengan pendatang yang SDM-nya lebih baik,” ungkapnya.

Ia juga berharap agar penandatanganan MoU dengan STT Migas ini terlaksana dengan cepat dalam meningkatkan SDM yang ada di Kabupaten PPU. Agar kedepannya, Kabupaten PPU bisa menjadi warna baru bagi masyarakat terutama menyambut IKN Nusantara.

“Ya mudah-mudahan untuk kedepannya bisa lebih banyak lagi bervariasi yang dapat dilakukan untuk meningkat SDM lokal dan membantu PPU menjadi lebih maju lagi ,” harap Hamdam .

Sementara itu, Plt. Ketua STT Migas Balikpapan, Bambang Sugeng mengatakan bahwa untuk kedepannya berbagai kegiatan seperti mulai penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta sejumlah kegiatan juga rencananya akan dikerjakan secara khusus terutama menyangkut dengan adanya IKN Nusantara.

” Tujuan kami adalah pengembangan SDM yang paling utama tentunya melalui pembelajaran dan pelatihan. Jadi kita nantinya memotivasi SDM di Kalimantan Timur agar tidak menjadi penonton di IKN tetapi mereka harus bisa menjadi pelaku di sana, “kata Bambang Sugeng.

Lanjutnya, ia juga mejelaskan jika pihaknya telah mengawali kegiatan peningkatan SDM di Kaltim, salah satunya bahwa khususnya anak-anak Kaltim yang sekolah di STT Migas lulusannya akan disertifikasi terutama mereka yang mempunyai jurusan perminyakan. Karena untuk di Kaltim saat ini masih banyak tertinggal dengan SDM yang masuk dari luar Kaltim sehingga SDM lokal sedikit tersingkirkan.

” SDM Kaltim harus tampil bukan jadi penonton, saya tidak mau itu terjadi. Bolehlah tenaga ahlinya yang tampil datang dari luar, tetapi SDM kita juga harus tampil juga di sana. Kita harus membantu pemerintah dalam mengatasi hal tersebut, jadi kongkritnya itu yang akan kita lakukan ke depan di PPU, ” pungkasnya. (DiskominfoPPU/Advertorial/NK2)