Persiapan Pilkades 15 Desa Di PPU Capai 80 Persen

Dul Aziz

Dilaksanakan 27 November 2017 Mendatang

PENAJAM (NK)  Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) semakin dekat. Bakal calon kepala desa (bacakades) dari 15 desa dipastikan akan bertarung dalam Pilkades serentak tahun 2017 ini. Berbagai persiapanpun telah dilaksanakan dinas terkait dimana hingga kini persiapannya telah mencapai 80 persen. Hal ini seperti dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMPD) PPU, Dul Aziz, Kamis, (16/11/2017) kepada newskaltim.com.

“Persiapan kami terkait pelaksanaan pilkades serentak tahap ke dua di Kabupaten PPU saat ini diperkirakan telah mencapai 80 persen. Termasuk kemarin kita telah menambahkan satu desa sebagai desa yang melaksanakan pilkades serentak tersebut yaitu desa tengin baru senhingga desa yang ikut dalam pemilihan ini menjadi 15 desa setelah sebelumnya hanya 14 desa,”kata Dul Aziz.

Sehubungan dengan pendanaan  pilkades serentak tahap II ini kata Dul Aziz, murni ditanggung Pemkab PPU, pihak kecamatan, dan desa yang menyelenggarakan pilkades itu sendiri yang bersumber dari dana desa masing-masing.

“Pengadaan logistik, menjadi tugas kecamatan. Mulai pencetakan hingga pendistribusian surat suara. Sedangkan desa bertugas untuk membuat tempat pemungutan suaranya,” terang Dul Azis.

Sementara itu ditingkat kecamatan yang ada di PPU, berbagai persiapan saat ini juga telah dilakukan untuk pelaksanaan pilkades serentak tahab ke dua 2017 ini, salah satunya seperti persiapan yang dilaksanakan oleh kecamatan penajam.

Saat ini kami telah sampai pada tahab pencetakan surat suara dan tinggal dilakukan pelipatan surat suara tersebut. Kami tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) penetapan hari pemungutan suara,” kata Camat Penajam, Pang Irawan.

Dia mengatakan, jauh-jauh hari sebelumnya pihaknya telah melakukan persiapan untuk pelaksanaan pilkades ini, termasuk melakukan komonikasi kepada pihak-pihak terkait dilingkup kecamatan penajam. Salah satu aitem yang dipersiapkan adalah terkait pengamanan kegiatan ini pihaknya telah melakukan komonikasi dengan jajaran Kapolsek penajam.

“Termasuk didalamnya terkait pengamanan saat pelaksanaan pemungutan suara nanti. Berapa personil yang dibutuhkan dimasing-masing desa dan TPS yang ada dan pengamanan lainnya. Jika pada pelaksanaannya personil yang dibutuhkan masih perlu personil tambahan, maka pihak polsek akan melakukan koordinasi dengan pihak mapolres PPU,” jelasnya.

Seperti diketahui, sebanyak 15 desa di Kabupaten PPU, akan menggelar pemilihan kepala desa atau pilkades secara serentak tahab ke dua yang pelaksanaannya dijadwalkan pada 27 November  2017 mendatang. Pilkades serentak tahun 2017 merupakan pilkades serentak tahap kedua setelah tahap pertama telah dilaksanakan pada   15 Desember 2015, dan tahap ketiga pilkades serentak untuk dua desa dijadwalkan akan digelar pada 2018 mendatang.

Ke-15 desa di Kabupaten PPU yang akan menggelar pemilihan kepala desa tersebut antara lain di kecamatan penajam sebanyak 2 desa, kecamatan sepaku 7 desa, kecamatan babulu 5 desa dan kecamatan waru 1 desa. (ervan/nk/humas6)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.