RSP Sepaku Segera Beroperasi

PENAJAM (NK) – Rumah Sakit Pratama (RSP) Sepaku Kabupaten Penajam Utara (PPU) direncanakan bakal segera beroperasi. Targetnya, pada 7 April ini bakal dibuka secara resmi oleh pemerintah. Niatan tersebut pun disambut apresiasi oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) PPU. Sebab, dengan dibukanya pelayanan di kecamatan paling jauh dari pusat pemerintahan itu bakal sangat membantu masyarakat. Itu disampaikan Wakil Ketua II DPRD PPU Hartono Basuki baru-baru ini.

Disebutnya, pendekatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat memang harus dilakukan. Apalagi rumah sakit tipe D tersebut telah dibangun sejak 2017 lalu. Sehingga memang harus disegerakan untuk diresmikan, agar masyarakat yang memerlukan pelayanan kesehatan di Sepaku bisa segera terlayani. “Kami juga akan minta kepada kepala dinas untuk membuat semacam telaah, soal kekurangan fasilitas dan lain-lain. Agar rumah sakit di Sepaku bisa representatif,” harap Hartono.

Politisi dapil Sepaku itu menyebut, pihaknya juga telah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan jalan masuk dan lapangan parkir, sebesar Rp 1 miliar.”Karena memang ketika kami melakukan serap aspirasi di Sepaku, masyarakat banyak yang berharap agar rumah sakit itu segera dioperasi. Karena memang selama ini, masyarakat di sana dari pusat pelayanan medis dari yang representatif memang jauh. Kalau tidak ke Penajam ya ke Samboja,” ungkap kader Partai PDI Perjuangan itu.

Ditegaskan, dengan jarak yang cukup jauh tersebut demi mendapatkan pelayanan yang representatif, serta jalan yang kurang baik masyarakat sangat dirugikan. Bila RSP Sepaku diresmikan dan ditunjang dengan pelayanan kesehatan yang maksimal bakal sangat membantu masyarakat. “Kami 100 persen akan mendukung. Apapun yang diperlukan oleh dinas terkait agar menunjang pelayanan kami sangat siap,” pungkasnya.

Seperti diketahui, sebelumnya direncanakan pada awal April alias sebelum Bulan Ramadan, RSP Sepaku sudah buka pelayanan. Itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Penajam Paser Utara (PPU) dr Jansje Grace Makisurat di Sepaku kepada Kaltim Post belum lama ini. Disebutkan, pihaknya telah melakukan persiapan untuk membuka RS tersebut. Di antaranya melakukan seting terhadap semua ruangan, alat kesehatan, dan persiapan administrasi. “Target 7 April sudah dibuka, doakan saja semoga semua lancar,” kata perempuan asal Manado itu.

Dipaparkan, seting ruangan sendiri dilakukan oleh Dinas Kesehatan bersama RSUD Ratu Aji Putri Botung. Pengaturan sendiri dilakukan terhadap beberapa ruangan yang dialih fungsikan sebagai ruang rawat inap.

“Itu karena ruang rawat inap yang ada di Rumah Sakit Pratama hanya satu, sehingga daya tampungnya tidak akan optimal,” ungkapnya. Pihaknya juga sedang melakukan pengurusan izin dan menanti peraturan bupati tentang organisasi RSP Sepaku. (adv/NK2)