Rustam Jauhari : Sambut IKN Nusantara, Universitas Harus Berkontribusi Setarakan SDM Lokal

BALIKPAPAN (NK) – Penetapan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), menjadi tantangan tersendiri ketika dilihat dari sudut pandang pendidikan. Terutama masyarakat Kaltim harus sudah siap menerima kenyataan ini.

Menyikapi hal tersebut, Rustam Jauhari sebagai Dosen Hukum Universitas Tridharma Balikpapan menerangkan kepada awak media, menginginkan adanya kontribusi nyata dari setiap Universitas untuk menopang pendidikan, baik dari segi mentalitas maupun kualitas karakter dari generasi muda, pada kamis (23/06/2022).

“Peningkatan kualitas pendidikan secara personaliti akan dapat menyesuaikan dengan kehadiran migrasi penduduk ke IKN yang rata-rata memiliki pendidikan dan skill yang mumpuni dan diperlukan sebagai tenaga SDM di IKN sebagai Smarcity. Untuk mencapai standar kemampuan (ebility), memang harus ada perkawinan antara standar pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan generasi muda, karena pengetahuan tidak ada gunanya kalau tidak ada keterampilan,” ujarnya.

Selanjutnya Rustam yang juga berprofesi sebagai Advocat menambahkan, Kemampuan personal tidak akan pernah bergerak kalau tidak ada motorisnya penggerak atau motivasinya. Oleh karenanya, Universitas harus melakukan terobosan melalui pendidikan khusus maupun spesialisasi untuk bisa mengembangkan kualitas personaliti.

“Sebuah organisasi saja jika kualitas personilnya bagus maka organisasi bagus, dibutuhkan pemantapan sikap dan cara pandang generasi muda yang betul-betul punya mental juang, punya mental juara, yang punya motivasi luar biasa untuk berkembang, untuk berubah. Bukan karena IKN masuk Kaltim menjadi persoalan yang melatarbelakangi tapi bagaimana kesiapan generasi muda Balikpapan menyambut kehadiran IKN itu yang paling penting,” ungkap Rustam.

Menurutnya, Penyetaraan kemampuan personal akan mengurangi dampak negatif Kerawanan yang akan timbul terhadap pembangunan IKN Nusantara. Harus mempersiapkan generasi muda yang baik, yang berkarakter punya mental juara kepada mahasiswa akan menghasilkan generasi muda yang handal dan siap bersinergi dalam pembangunan IKN Nusantara.

“Selain kesiapan mahasiswa dan generasi muda dalam mensukseskan pembangunan IKN adalah mengutamakan bagaimana meningkatkan kualitas para dosen atau para pendidik sehingga mampu bersaing, untuk mengimbangi SDM dari pusat yang akan pindah ke IKN semua rata-rata berpendidikan high class,” pungkasnya.(Bah/NK2)