Sangat Mendukung Rencana Pembangunan IKN Nusantara Sesuai Dengan Target

BALIKPAPAN (NK) – Kehadiran Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim) Berdampak Positif bagi segala sektor. Salah satunya sektor Kesehatan di Kota Balikpapan, yang merupakan Kota penyangga dan gerbang atau pintu masuk menuju IKN Nusantara.

Menanggapi hal tersebut, dr. Naila Alatas, MPH sebagai Direktur Rumah Sakit Hermina Balikpapan saat ditemui awak media menerangkan terkait Perkembangan dan Kesiapan Dukungan Fasilitas Kesehatan menghadapi Pemindahan IKN Nusantara di Kaltim.

” Pandangan saya dengan rencana pembangunan Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur sangat baik sekali dan saya sebagai pimpinan Rumah Sakit Hermina yang merupakan salah satu faskes tingkat lanjut di sini sangat mendukung sekali agar rencana pembangunan ini sesuai dengan target. Kami pun dapat mempersiapkan diri kami sebagai fasilitas kesehatan tingkat lanjutan dan sebagai tempat rujukan dalam melayani pasien khususnya nanti dengan perkembangan IKN dan juga masyarakat sekitar Balikpapan,” terangnya pada Selasa (25/10/2022)

Kemudian, Jika dilihat dari perkembangannya memang kunjungan di RS kami jika dibandingkan yang sebelumnya itu meningkat, terlihat sekali peningkatan kami di kunjungan rawat jalan maupun di rawat inap.

” Persentasi kami yang mungkin saya bisa ambil dari akhir tahun 2021, karena kalau kita ambil di tahun 2020 dengan adanya covid itu tidak bisa kita nilai, yang pasti persentase kami kurang lebih bisa mencapai 40% sampai 50%,” ujarnya.

Selain itu, Perkembangan Rumah Sakit mungkin merupakan tantangan kami, perkembangan dalam fasilitas, penggunaan-penggunaan fasilitas. Tetapi pastinya perkembangan ke depannya kami punya tantangan untuk menyediakan atau mengembangkan fasilitas kami.

” Pastinya kami sangat siap dan itu salah satu komitmen kami untuk mendukung salah satu rencana pengembangan Ibu Kota Negara. Ini jadi konten kami, siap mendukung dan juga berkomitmen untuk menyediakan fasilitas kesehatan untuk masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Wanita yang kerap di sapa dr. Naila menambahkan, Upaya kami untuk pengembangan di tahun 2023 sudah kami pikirkan, sudah kami rencanakan dan sudah kami diskusikan dari triwulan ke empat tahun ini untuk ke depannya dan tidak hanya fasilitas, SDM, keterampilan, kompetensi, semuanya itu akan kami persiapkan dan kami mulai dari akhir tahun 2022 ini.

” Dampak positif salah satunya secara tidak langsung pasti peningkatan kunjungan rawat jalan maupun rawat inap, karena demandnya untuk kesehatan itu selalu ada, jadi di sini mungkin akan ada penambahan tidak hanya dari masyarakat setempat tapi juga akan ada pendatang-pendatang. Kami juga ada kerjasama dengan perusahaan dan kami perkirakan bahwa akan ada perpindahan domisili dari Pulau Jawa ke Kalimantan, hal itu juga akan menjadi salah satu faktor dari peningkatan pasien di Rumah Sakit Hermina. Harapan saya dengan perpindahannya Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur akan dapat mengembangkan kota ini sendiri. Saya yakin bahwa kota Balikpapan akan tambah berkembang dan juga akan tambah maju dari semua aspek, khususnya salah satunya adalah Faskes Kesehatan. Tentunya harapan saya adalah bahwa kami sebagai fasilitas kesehatan dapat menyokong perkembangan daripada ibu kota negara, harap Naila.

Selanjutnya, Tantangan pasti ada, kami tentunya akan mengikuti perkembangan dimana harus mengikuti demand atau kebutuhan dari pada masyarakat sekitar khususnya nanti dengan adanya pendatang. Jadi itulah tantangan kami untuk menghadapi persiapan-persiapan. Secara internal kami akan hadapi itu semua untuk menyokong dan juga komitmen rencana dari pada perpindahan ibu kota negara.

” Rumah Sakit Hermina adalah Corporate jadi kami ada rumah sakit atau Rumah Sakit cabang dimana corporatenya adalah dari pusat dan yang pasti usaha-usaha kami selalu bekerja sama dengan corporate dalam pemenuhan dan kami juga akan meningkatkan perluasan dari rumah sakit kami sendiri, tidak hanya di Balikpapan kami ada rencana dan bisa terjadi membuka salah satu cabang rumah sakit Hermina di IKN. Hermina ada 45 cabang Rumah Sakit, dengan adanya perpindahan ibu kota negara tidak menutup kemungkinan ada rencana untuk mengembangkan Rumah Sakit Hermina di IKN. Rumah Sakit Hermina Balikpapan merupakan Cabang ke-25 dari seluruh PT. Medikaloka Hermina, Kami siap mendukung dan berkomitmen untuk perkembangan ibu kota negara dan juga mendukung untuk pelaksanaan dan percepatan sehingga pelaksanaannya ibu kota negara ini dapat berjalan sesuai dengan target yang sudah ditentukan,” Pungkasnya (Bah/NK)