BorneoHEADLINEKaltim

Sebelum diberangkatkan ke Bandara, terlebih dahulu Jenazah Disholatkan di Rumah Sakit PON Jakarta

JAKARTA (NK) – Kepergian Hj. Nor Baiti binti Amlan bin Tasin istri dari Gubernur Kalimantan Timur H. Isran Noor membuat semua kalangan warga Kalimantan Timur sangat terkejut dan bersedih. Tidak terkecuali kalangan legislatif di DPR RI.

Hj. Nor Baiti yang lahir di Loa Janan, Kamis Pon, 30 Januari 1969 bertepatan dengan 13 Dzulkaiddah 1388 H menghembuskan nafas terakhir Pukul 20:23.17 wib, Rabu Kliwon, 24 Mei 2023 bertepatan dengan 4 Dzulkaiddah 1444 H saat dalam perawatan Di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (PON) Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta, yang terletak di Jalan Letjen M.T. Haryono No.Kav.11, RT.1/RW.6, Cawang, Kec. Kramat Jati, Jakarta Timur.

Jenazah Norbaiti diterbangkan ke Balikpapan, Kamis pagi (25/5) ini dengan pesawat Garuda pertama. Selanjutnya melalui jalan darat menuju rumah duka di Jl Adipura No 21 Samarinda. Diperkirakan jenazah sekitar pukul 11.00 wita tiba di rumah duka, “Rencana dikebumikan di pemakaman Sungai Kunjang,” kata Kukuh, ADC Gubernur Isran Noor.

H. Muhammad Syafranuddin Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Kalimantan Timur yang tampak hadir diantara peta’ziah lainnya mengatakan sangat kehilangan seorang sosok ibu bagi Provinsi Kalimantan Timur. “Ibu orangnya baik, InsyaAllah surga tempat ibu. Beliau berjuang melawan penyakitnya untuk bisa sehat, tapi Allah ternyata lebih sayang.” ucapnya dengan roman kesedihan.

Sebelum jenazah dibawa ke unit mobil jenazah Arjunasakti yang akan mengantar hingga cargo bandara Soekarno Hatta, jenazah Hj. Nor Baiti binti Amlan bin Tasin terlebih dahulu disholatkan. Tampak hadir ikut mensholatkan suami almarhumah Gubenur Kaltim H.Isran Noor, para pejabat Pemprov Kaltim yang betulan sedang melaksanakan tugas di Jakarta diantaranya Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekdaprov. Kaltim M. Syirajuddin, Plt. Assiten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Sekprov Kaltim, Ir.H. Muhammad Aswin, Kepala Diskominfo Kaltim HM. Faisal, Kepala DPK Kaltim H.M. Syafranuddin.

Tepat pukul 00.00 jenazah diberangkatkan menuju bandara di dampingi Gubernur Kaltim H.Isran Noor dan keluarga.

ASAL LOA JANAN
Hj. Nor Baiti lahir di Loa Janan, putri dari Amlan bin Tasin dan Mastika. Dia anak pertama dari empat bersaudara, yang menyelesaikan pendidikannya di Universitas Mulawarman.
Buah pernikahannya dengan Isran Noor, mereka dikarunia 3 orang anak. M Rahman Isran, Siti Rahmawati Isran dan Siti Annisa Isran.

Beliau pernah duduk sebagai anggota DPR RI menjadi wakil rakyat dari Partai Demokrat tahun 2013. Beliau masuk Senayan melalui pergantian antar waktu (PAW), menyusul terpilihnya Yusran Aspar menjadi bupati Penajam Paser Utara (PPU).

Di pileg 2014-2019, Norbaiti terpilih kembali menjadi anggota DPR RI dengan meraih suara terbanyak. Dia duduk di Komisi VI yang membidangi masalah energi sumber daya mineral, riset dan teknologi serta lingkungan hidup.

Setahun di sana, Norbaiti maju sebagai calon bupati Kutai Timur periode 2016-2021, menyusul berakhirnya masa tugas Isran sebagai bupati Kutim. Dia diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI). Tapi yang terpilih sebagai bupati adalah Ismunandar.

Sebagai istri Gubernur, Nor Baiti aktif sebagai Ketua PKK, Bunda PAUD dan Ketua Dekranasda serta Ketua Kwarda Pramuka Kaltim. Pernah menjadi Ketua Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis, Ketua Yayasan Jantung Sehat dan Ketua Yayasan Kanker Indonesia.

Selamat Jalan Hj. Nor Baiti binti Amlan bin Tasin, Allaahummaghfir laha warham ha wa’aafi ha wa’fu anha.(Mun/NK)