SisKeuDes Online Resmi Digunakan, Plt. Bupati Hamdam Himbau Seluruh Jajaran Desa Disiplin Terkait Pelaporan Keuangan

PENAJAM (NK) – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) secara resmi launching Aplikasi Transaksi Keuangan Pemerintah Desa (ATKPD) yang terintegrasi dengan Sistem Keuangan Keuangan Desa (SisKeuDes) online berbasis cloud. Peluncuran aplikasi SiKeuDes dan ATKPD dibuka langsung oleh Plt. Bupati Hamdam yang berlangsung di Aula lantai I Kantor Setkab PPU, Senin (05/09/2022).

Plt. Bupati Hamdam dalam peluncuran aplikasi SisKeuDes mengatakan pada prinsipnya sistem ini dibangun untuk memberikan kemudahan kepada kita semua khususnya kepada pemerintah desa beserta seluruh jajarannya untuk memudahkan, mengefektifkan pekerjaan bahkan dalam mempertanggungjawabkan terkait pelaporan keuangan desa.

“SisKeuDes online ini sudah siap dipergunakan oleh seluruh jajaran desa karena telah didukung oleh pelatihan dalam penggunaannya. Sehingga tidak ada alasan untuk tidak mengoperasionalkan aplikasi ini dalam mendukung setiap pelaksanaan program dan kegiatan di masing-masing desa.” Ujarnya.

Kehadiran aplikasi ini tentu juga untuk memudahkan pemerintah daerah dalam mengawasi setiap pelaksanaan kegiatan dalam sistem pelaporan keuangan desa yang telah dilaksanakan.

Ia juga menjelaskan peralihan sistem dari manual (offline) menjadi online merupakan bentuk kemajuan teknologi saat ini yang semuanya harus menyesuaikan diri. Untuk itu para perangkat desa untuk menguasai teknologi dalam mendukung pelayanan dan tugas-tugas yang dilaksanakan.

Terlebih usai dilakukannya bimtek terkait aplikasi sistem keuangan desa ini kepada para jajaran perangkat desa sehingga diharapkan betul-betul bisa diimplementasikan dan terlaksana sesuai yang diharapkan dalam pengelolaan keuangan desa.

Hamdam juga menegaskan dihadapan para perangkat desa bahwa dalam pelaksanaanya kedepan terkait SisKeuDes ini akan dikontrol dan dimonitoring langsung oleh pemerintah daerah terkait pelaksanaannya dimasing-masing desa karena semuanya sudah disiapkan dan dilatih secara bersama serta diwajibkan untuk disiplin terkait pelaporan keuangannya.

“Diperlukan komitmen bersama terkait aplikasi berbasis online ini karena kehadiranya sangat mendukung kegiatan dalam pengelolaan keuanga desa.”

Kedepan kemampuan kita harus terus di upgrade dan inilah bagian dari salah satunya karena seiring waktu kerja-kerja kita menggunakan berbasis informasi teknologi (IT). Termasuk dalam aplikasi ini juga didukung dengan kerjasama bersama Bank Kaltimtara cabang Kabupaten Penajam Paser Utara dalam pengelolaan keuangan berbasis elektronik termasuk pelayanan transaksi keuangannya.

“Seluruh perangkat penggunaan dan unsur pendukung terkait ini sepenuhnya terpenuhi dengan keterlibatan bank Kaltimtara ini semakin mendukung upaya pembangunan ditingkat desa yang cepat, tepat dan akuntabel khususnya dalam pengelolaan keuangannya.” Pungkasnya.

Kepalda Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Saidin juga mengatakan aplikasi ini sebelumnya telah dilaksanakan sejak tahun 2019 namun pelaksanannya berbasis manual (offline) dan saat ini telah beralih menjadi berbasi online dengan didukung melalui MoU antara Bank Kaltimtara bersama kementerian dalam negeri dalam membantu penerapan SisKeuDes berbasis online cloud yang bisa diakses lebih mudah, lebih cepat dengan didukung oleh jaringan internet.

Selain SisKeuDes, juga diserahkan aplikasi transaksi keuangan pemerintah desa sehingga mendukung transaksi keuangan non tunai di lingkungan desa sehingga mempermudah para pelaksana ditingkat pemerintah desa

“Apikasi ini diharapkan semakin mempermudah dalam pengelolaan keuangan desa, sehinga pelaksanaan program dan kegiatan dil ingkup desa dapat terlaporkan dengan baik dan terkelola secara akuntabel karena segala transaksi yang dilakukan secara realtime dan akurat”. Tutupnya.

Hadir langsung dalam penyerahan dan peluncuran SisKeuDes berbasis online, selaku Pemimpin Divisi Funding & Customer Management Sayid Mohammad Hanafiah, Pemimpin Departemen Perencanaan TI Bank Kaltimtara Dicky A Widianto, Pemimpin Bankaltimtara Cabang Penajam Arie Herlambang, serta seluruh kepala desa dan jajaran perangkatnya se-Kabupaten Penajam Paser Utara. (Humas/Advertorial/NK2)