HEADLINEKukarTNI - POLRI

Terima Sembilan Tank Harimau Baru, Yonkav 13 SL Laksanakan Tradisi

TENGGARONG (NK)  – Batalyon Kavaleri (Yonkav) 13/Satya Lembuswana (SL), Kodam VI/Mulawarnan Selasa (19/3/2024) di Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim), melaksanakan Tradisi Penerimaan Kendaraan Baru jenis Tank Harimau hasil Kerjasama PT. Pindad Indonesia dan FNSS Turki.

Perwira Penerangan (Papen) Yonkav 13/SL, Letda Kav, Raj Fatur Zacky Rahman,S .Tr.(Han) kepada awak media mengatakan, upacara tradisi penerimaan kendaraan berupa sembilan unit Tank Harimau, merupakan hasil kerjasama antara PT. Pindad Indonesia dan FNSS Turki. Sembilan unit Tank itu diserahkan oleh Wadanpussenkav TNI AD, Brigjen TNI Supriyatna, S.I.P., M.M.

“Pada kesempatan itu bapak Brigjen TNI Supriyatna, juga memberikan Apresiasi kepada PT. Pindad atas kontribusinya dalam pembuatan dan pengadaan Tank Harimau tersebut,” katanya.

Tradisi Penerimaan Kendaraan Baru jenis Tank Harimau
Wadanpussenkav TNI AD, Brigjen TNI Supriyatna, S.I.P., M.M. siramkan air kembang dalam tradisi penerimaan  Tank Harimau

Upacara tradisi tersebut, jelasnya ditandai dengan pemecahan kendi kendaraan tersebut, sebagai bentuk simbolisasi penggunaan secara resmi Alat Utama Sistem Pertahanan (Alusista) tersebut.

“Acara dilanjutkan dengan demonstrasi Defile kendaraan tempur Tank Harimau, sebagai bentuk penghormatan dan kebanggaan atas diterimanya sembilan unit Tank Harimau sebagai bagian dari Yonkav 13/SL,” urainya.

Tank baru ini juga dipamerkan untuk tamu undangan, sehingga mereka berkesempatan untuk melihatnya secara langsung.

Dalam acara tradisi ini, tambahnya, juga dihadiri oleh Irdam VI/Mulawarman, Aslog Kasdam VI/Mulawarman, para pejabat kodam dan tokoh masyarakat.

“Diharapkan nantinya Tank Harimau ini dapat menjadi alutsista modern karya anak bangsa, yang akan turut menjaga keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkasnya. (nk)