Wajah Baru di Kelurahan Jenebora

PENAJAM (NK) – Kelurahan Jenebora yang berada di pesisir Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) saat ini terlihat berbeda. Itu lantaran sentuhan tangan dingin lurah yang telah menerima penghargaan Peduli Lingkungan pada Tahun 2020 kemarin.

Tampak terlihat tanaman hias hingga tanaman palawija menghiasi disetiap perkarangan rumah masyarakat Kelurahan Jenebora. Bahkan tersedianya bak sampah di halaman rumah masyarakat diseputaran pesisir, agar tidak membuang sampah langsung kelaut.

” Saya juga sudah mengusahakan semampu saya agar truk sampah yang biasanya seminggu sekali sekarang sudah dua kali seminggu untuk menjemput sampah disini ke TPA ,” ungkap Lurah Jenebora Masrani, saat dijumpai di kantornya, Selasa (11/05/2021).

Lebih lanjut Masrani menjelaskan, kebiasaan warga di pesisir sini
tentu tak mudah untuk mengubah kebiasaannya. Mulai dari membiasakan tidak membuang sampah kelaut hingga memulai penghijauan disetiap perkarangan rumah. “Semua butuh proses, dengan niat yang tulus serta tekad yang kuat demi memajukan kelurahan ini,” ungkap lurah tersebut.

Tak hanya itu tambah Masrani mengungkapkan, saat ini ia pun berusaha mengusulkan adanya Puskesmas Induk untuk menangani masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal. Mulai dari Kelurahan Gersik, Kelurahan Pantai Lango dan Kelurahan Jenebora itu sendiri. Dikarenakan jarak tempuh antar kelurahan dapat dijangkau dengan mudah.

” Walaupun adanya Puskesmas Pembantu disini masih belum bisa membantu dengan penuh, terkecuali disini dibangunkan Puskesmas induk maka tiga kelurahan yang ada disini tidak perlu lagi jauh-jauh ke Penajam untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal ,” pungkasnya. (Advertorial/NK2)