ADVERTORIAL - PARLEMENTARIA

147 KK Terdampak Eks Konflik Sosial Penajam Dapat Bantuan Uang Tunai

PENAJAM (NK) – Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Gafur Mas’ud (AGM), Senin (4/5/2020)  menyerahkan secara simbolis bantuan dana tunai untuk 147 Kepala Keluarga (KK) RT.06, RT.07 dan RT.08 di Kelurahan Penajam, Kecamatan Penajam terdampak kebakaran akibat konflik sosial yang pada Rabu 16 Oktober 2019 lalu.

Kegiatan yang digelar di Kantor Lurah Penajam tersebut di hadiri Wakil Bupati  PPU, Hamdam, Ketua DPRD PPU, Jhon Kenedy, Asisten II bidang ekonomi dan pembangunan Setkab PPU, Ahmad Usman serta instansi terkait lain.

Bupati AGM sebelum menyerahkan bantuan dana tunai tersebut dalam arahannya mengatakan, penyerehan bantuan dana tunai dari pemerintah daerah ini adalah komitmen pemerintah dalam membantu warga terdampak diseputar pelabuhan spead dan sekitarnya selama pasca kebakaran.

Dibeberkannya, bantuan dana tunai yang diberikan dan diterima para warga ini terdiri dari bantuan uang sewa rumah sebesar Rp6 juta per KK,  rumah rusak ringan Rp6 juta per KK,  usaha kategori I Rp3,5 juta per orang, kategori II Rp4,5 juta per orang, kategori III Rp6 juta per orang, usaha warung di pelabuhan kelotok Rp5 juta per orang.

“Terlepas dari bantuan tunai ini, saya tegaskan sampai saat ini Pemkab PPU juga terus fokus untuk melakukan upaya relokasi bagi warga,” katanya.

Relokasi tersebut, lanjutnya, harus didukung dari pendataan terhadap warga yang berhak dan administasi lainnya oleh tim di lapangan pasca kebakaran, termasuk melaksanakan sosialisasi rencana itu agar berjalan sesuai dengan harapan bersama.

“Untuk relokasi ini Pemkab juga telah menyiapkan dua tempat untuk warga dengan harapan seluruh warga terdampak bisa direlokasi. Sedangkan lokasi eks kebakaran akan ditata ulang sesuai dengan master plan mengingat wilayah ini merupakan pintu gerebangnya kabupaten PPU,” pungkas AGM (Hms13/nav/nk)

Berita Popular

To Top