Edukasi

Adanya Sekolah Tak Ijinkan Siswa Ikut Kegiatan Pramuka, Kwarcab PPU Laporkan ke Provinsi

Ketua Pramuka Kwarcab PPU, Sudirman

PENAJAM(NK) – Ketua Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Sudirman, menyesalkan adanya beberapa SMA di PPU yang tidak mau mengeluarkan ijin berupa Dispensasi kepada murid untuk mengikuti kegiatan perkemahan Pramuka dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Gerakan Pramuka ke-56 Tahun 2017 yang dilaksanakan di Hutan Pinus Desa Sesulu Kecamatan Waru selama 4 hari, yakni 7-10 September 2017. Minggu, (10/9/2017).

Sudirman mengatakan, adanya beberapa SMA/SMK yang tidak memberikan ijin kepada siswa berupa Dispensasi dinilainya merupakan kurangnya dukungan penuh sekolah yang ada di PPU untuk kegiatan Pramuka. Dijelaskannya, akibat permasalahan tersebut, tim KUR yang sempat tampil pada pelepasan Reimona Nasional dengan membawakan lagu “Pramuka Cinta NKRI” tidak dapat tampil di rumah sendiri karena tidak diberikan ijin dispensasi oleh pihak sekolah yang bersangkutan.

“Jadi kegiatan kali ini tidak ada KUR karena sekolahnya tidak mengijinkan. Itu yang menjadi kendala kami dikegiatan kali ini,”ujarnya.

Sudirman juga menyayangkan, berdasarkan informasi dari beberapa siswa di SMA/SMK bahwa ada beberapa sekolah di SMA/SMK di PPU yang tidak memasukkan Ekstrakulikuler (Eskul) Pramuka sebagai Eskul wajib di sekolah.

Sekarang Pramuka itu bukan eskul wajib lagi. Ini kan luar biasa, berarti aturan atau undang-undang yang ada dilawan. Apakah kepala sekolahnya yang gak ngerti aturan, atau aturannya yang salah ? saya juga bingung,”ucapnya.

Dirinya menegaskan, akibat adanya sekolah yang tidak memberikan ijin kepada siswa untuk mengikuti kegiatan pramuka, dirinya akan melaporkannya pada rapat evaluasi di Kwartir Daerah (Kwarda) Provinsi Kaltim yang dilaksanakan pada Senin, (11/9) besok. Pasalnya, dirinya juga mendapatkan informasi bahwa pada rapat evaluasi tersebut juga akan dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim.

“Saya akan laporkan nanti disana terkait kendala kita di PPU,”pungkasnya.(kanda)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Popular

To Top