HEADLINE

Al Habib Basyim Hadiri Haul Habib Abu Bakar Kukar

TENGGARONG (NK) – Kehadiran sosok Al Habib Basyim Bin Ahmad Alatthos asal Madinah  negara Arab Saudi, pada Senin (23/9/2019) pada acara memperingati Haul Habib Abu Bakar Bin Salim (Maula Inat) mampu menarik minat ribuan jamaah majelis sholawat burdah di markas pasukan bawah tanah Syif’aul Qulub Gunung Gandek No. 36 RT. 26 Kelurahan Melayu Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Tidak seperti jadwal rutin yang diadakan majelis pada hari Senin, malam Selasa paling banyak dihadiri 200 – 300 an jamaah namun kali ini terlihat berbeda dengan hadirnya sosok Al Habib Basyim Bin Ahmad Alatthos, serasa menghilangkan dahaga para pengunjung majelis setelah kedatangan beliau sebelumnya pada awal 2019 lalu di Majelis Syfa’ul Qulub Pimpinan Al Habib Aulia Bin Syahiel Bin Yahya.

Kehadirannya di markas Majelis sholawat burdah Syif’aul Qulub tercatat untuk yang kedua kalinya dalam acara peringatan haul para syech dan habaib. Kali ini, kehadiran beliau didampingi Al Habib Golib Bin Musthofa Al Idrus (Samarinda), Al Habib Abdul Qodir Bin Al Hasani, Al Habib Shofi Bin Hud Al Mudhor (Tenggarong), Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid, SE yang juga tercatat selaku jamaah aktiv Majelis serta Al Habib Aulia Bin Syahiel Bin Yahya sendiri selaku tuan rumah.

Acara Haul terbilang sukses terlaksana yang dihadiri kurang lebih 1000 an orang pengunjung Jamaah Majelis. Semua yang hadirpun bersama-sama melantunkan Syair Sholawat Burdah diiringi oleh taluhan gendang serta tabuhan rebana, jamaah majelis terdengar antusias mengiringi Syair Sholawat Burdah bait perbait hingga kitab syair usai dilantunkan.

dilanjutkan pembacaan Doa Tahlil oleh Al Habib Abdul Qodir Bin Al Hasani, serta pembacaan Ayat-ayat Suci Al-quran oleh Ahmad Fauzi kemudian berlanjut ke sesi Pembacaan Tausiyah Manaqib Salaf dikhususkan Kepada Syech Habib Abu Bakar Bin Salim oleh Al Habib Shofi Bin Hud Al Mudhor.

Kemudian Tausiyah selanjutnya diisi oleh Al Habib Basyim Bin Ahmad Alatthos (Madinah) beliau menyampaikan bahwa, Tidak mungkin kita dapat berkumpul didalam Majelis ini jika bukan karena kehendak dan iradat dari Allah SWT dan karena berkat dan wasilahnya lah kita dapat berkumpul dengan penuh rasa kesyukuran dan oleh syafaat dari Baginda Nabi Muhammad SAW yang diutus untuk mencurahkan segala kasih sayang dan keberkahannya kepada kita semua dan dengan mukjizat beliau lah sehingga didatangkan mukjizat Al quran sebagai tuntunan bagi kita semua demi mencapai keselamatan dunia dan akhirat bahwasanya Allah menyeruh kepada kita melalui Nabi Muhammad SAW untuk memalingkan Kiblat kita kepada Masjidil Haram (Makkah) yang sebelumnya di Masjidil Aqsa (Palestina) agar kita mengikuti perintah Nabiyullah Kita Rasulullah Muhammad SAW Kakasih Allah SWT.

Adapun kita berkumpul disini, itu karena kita semua memperingati Haul dari salah satu Cucu Rasulullah SAW yakni Habib Abu Bakar Bin Salim (Maula Inat) beliau merupakan orang yang telah memberikan curahan kasihnya kepada ummat manusia, khususnya di tanah kalimantan, melalui syiar agama seperti yang telah dilakukan para pendahulunya (nenek leluhurnya) dan beliau terkenal dengan akhlaknya yang mulia dan baik serta santun dalam pandangan ummat yang diberikan berkah cinta kasih kepadanya.

“Dakwah bukan saja disimbolkan dengan tampilan gamis atau terlihat alim dari pakaianya, namun karena kecintaannya kepada Allah dan Nabinya melalui adab dan sikapnya dalam menyampaikan cinta kasihnya selayaknya yang di ajarakan oleh Rasulullah SAW,” ucapnya.

Berdakwah tidaklah harus mengangkat senjata atau pedang lalu meneteskan darah, namun bagaimana kita menyampaikan dakwah tanpa harus meneteskan darah setitikpun ke bumi, demi untuk kedamaian dunia dan syiar bagi keselamatan ummat di dunia hingga akhirat dengan menyampaikan kasih sayang sesama mahluk, seperti yang sesungguhnya diajarkan oleh tuntunan Kita Rasulullah SAW berbeda halnya pada jamannya yang dipenuhi orang-orang dzalim dan haus darah.

Mari kita bersama mendoakan agar Syech Abu Bakar Bin Salim di beri keselamatan dan berkumpul bersama para kekasih Nya Nabiyullah Muhammad dan Nenek Buyutnya Sitti Aminah dan Abdullah di akhirat sana dengan penuh kebahagiaan.

Pembacaan Doa pada akhir acara di bacakan oleh Al Habib Abdul Qodir Bin Al Hasani penanda berakhirnya acara haul malam itu. Untuk yang Kedua kalinya Al Habib Basyim Bin Ahmad Alatthos dari Kota Madinah (Saudi Arabia), hadir di acara haul yang di laksanakan oleh Majelis Syif’aul Qulub (Sholawat Burdah) di bawah Pimpinan Al Habib Aulia Bin Syahiel Bin Yahya.

Kehadiran Al Habib Basyim Bin Ahmad Alatthos juga mengundang keberkahan tersendiri bagi perkumpulan Majelis Syif’aul Qulub dimana dalam acara Haul  Habib Abu Bakar Bin Salim mampu mendatangkan Jamaah dari berbagai perkumpulan Majelis sholawat dikota Tenggarong dan sekitarnya.(im/nk)

Berita Popular

To Top