123 Kapsek Terima SK Pengangkatan

Tohar : Fungsi Kapsek Sebagai Leader dan Manajer

PENAJAM (NK) – Sebanyak 123 Kepala Sekolah (Kapsek) Negeri, masing-masing terdiri dari dua Kapsek Taman Kanak – Kanak (TK), 96 Kapsek Sekolah Dasar (SD) dan 25 Kapsek SMP di lingkup Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Senin (23/9/2019) di ruang rapat lantai III Kantor Bupati PPU, menerima Surat Keputusan (SK) pengangkatan yang diserahkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) PPU, Tohar.

Dalam arahannya Tohar mengatakan bahwa keberadaan kepala sekolah dalam melaksanakan peran dan fungsinya harus mampu memahami arah dan  tujuan sesungguhnya pendidikan itu, apakan peran tersebut telah berjalan dengan baik atau belum terlaksana secara maksimal.

“Tujuan pendidikan yang berkarakter yaitu sebagaimana kita mampu menghasilkan anak-anak didik yang memiliki  kecerdasan baik secara intlektual maupun kecerdasan emosional bahkan spritualnya. Apakah peran ini telah mampu kita jalankan seperti yang diharapkan, ini tentunya membutuhkan cara dan strategi dalam pelaksanaannya,”kata Tohar.

Ditambahkan Tohar, Kepsek juga memiliki peran Leader sekaligus Manajer bagi masing-masing sekolah yang ada. Sebagai leader artinya adalah pemimpin. Kepala sekolah adalah pemimpin bagi lembaga pendidikan yang dipimpinnya. Sebagai leader, kemampuan yang harus dimiliki kepala sekolah adalah kemampuan membangun visi, misi, dan strategi sekolah yang dipimpinnya. Sementara sebagai seorang manajer, kepala sekolah harus mempunyai kompetensi dan ketrampilan utama dalam menajerial sekolah.

Ia berharap, Kapsek mampu menjalankan fungsi dan tugasnya dengan baik, sehingga efektifitas pelakksanaan dan penyelenggraan kurikulum dalam satuan tugas bisa  berjalan efektif dan pada saatnya kinerja mereka dapat terukur dengan menghasilkan putra-putri yang memiliki kelebihan sesuai dengan harapan.

“Selamat kepada rekan-rekan kepala sekolah yang telah mendapatkan surat penugasan semoga ini menjadi motivasi agar bekerja sebaik-baiknya untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya di Kabupaten PPU,pungkas Tohar. (Humas6/nav/nk)