Amankan Natal Tahun Baru, Polres Kerahkan 200 Personel

Kapolres PPU, Sabil Umar. SIK


PENAJAM (NK) – Dalam rangka mengamankan jalannya natal tahun 2017 dan perayaan tahun baru 2018 di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Polres PPU mengerahkan hampir 200 personel lebih petugas guna disebar di beberapa titik pengamanan.

Kapolres PPU, Sabil Umar. SIK, kepada awak media, Rabu (20/12/2017) mengatakan, pihaknya dalam operasi lilin tahun 2017 ini pasti fokus untuk mengamankan natal dan perayaan tahun baru di wilayah PPU.

Kami  fokus untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru itu  sudah pasti, bahkan  bukan saat ini saja, sejak awal Desember sudah kita laksanakan pengamanan  di gereja – gereja, hal ini dikarenakan rangkai natal dimulai pada awal Desember,”ujarnya.

Untuk malam tahun baru, lanjut Kapolresnya, pihaknya bakal melakukan pengamanan di tempat tempat berkumpulnya masyarakat atau tempat keramaian yang banyak didatangi oleh masyarakat.

“Dalam kegiaan ini kami kerahkan hampir 200 personel. Semua  gereja kami amankan di seluruh PPU. Bahkan kegiatan ibadah yang harus diamankan bukan pada malam saja tetapi, juga ada gereja yang melakukan ibadah pada  siang hingga sore hari. Jadi  setiap ada informasi kegiatan langsung kami lakukan pengawalan pengamanan,”kata Kapolres.

Terkait jumlah personel yang melakukan pengaman di gereja saat ibadah natal, tambanya, khusus untuk  dalam kota satu gereja ditempatkan lima hingga 10 orang personel sementara di kecamatan – kecamatan disesuai dengan jumlah kebutuhan.

“Dari hasil diteksi awal sementara ini belum ada kerawanan di wilayah PPU sehubungan dengan menghadapi Natal dan Tahun baru,”ungkapnya.

Ia menegaskan, adapun sasaran dilaksanakanya operasi lilin tahun 2017 yang akan diawali dengan apel gelar pasukan di Polres, Kamis (21/12/2017) pagi besok tersebut adalah kepada seluruh jamaat, tempat ibadah, masyarakat dan tempat berkumpulnya masyarakat saat melakukan kegiatan ibadah dan merayakan pergantian tahun kelak.

“Titik keramaian pasti di tempat – tempat  ibadah umat nasrani, lalu pelabuhan feri dan tempat wisata pantai tanjung jumlai termasuk jalan raya ketika libur panjang natal dan tahun baru nanti,”pungkasnya.(ervan/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.