Amankan Pemilu, Kapolres Kukar Pimpin Apel Kesiapsiagaan Linmas Sangasanga

Apel kesiapsiagaan Linmas yang digelar di Mapolsek Sangasanga dengan pembina apel Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar S.IK M.Si

TENGGARONG (NK) – Dalam rangka melaksanakan pengamanan pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2019, Kapolres Kutai Kartanegara (Kukar), AKBP Anwar Haidar S.IK M.Si pada Selasa (26/2/2019), dalam rangka  memimpin langsung pelaksanaan apel kesiapsiagaan yang diikuti 80 anggota Linmas Kecamatan Sangasanga nantinya disiapkan dalam mengamankan pelaksanaan bersama TNI dan Polri.

Kegiatan apel yang digelar di halaman Polsek Sangasanga diikuti peserta apael dari anggota Polsek, Koramil, security PT Pertamina, pemadam kebakaran Sangasanga, Ormas, penyelenggara pemilu dan Linmas

Pada kesempatan itu, Kapolres dalam amanatnya menyampaikan,  apel kesiapsiagaan ini bertujuan, untuk mengecek kesiapan personil dan kelengkapan sarana prasarana Linmas sebelum diterjunkan ke lapangan. Dengan harapan perencanaan yang telah disiapkan dapat berjalan dengan optimal dalam rangka mensukseskan Pemilu Serentak 2019.

Pemilu adalah sarana Demokratis untuk menyampaikan aspirasi rakyat, dalam rangka membentuk sistem pemerintahan yang legitimate dan berkedaulatan rakyat, sehingga pemerintahan dan pimpinan sosial yang lahir dari hasil pemilu merupakan kehendak rakyat dan dijalankan sesuai keinginan rakyat,”ujarnya.

Menurutnya, mengingat arti penting dan strategisnya pemilu bagi keberlangsungan kepemimpinan nasional, pemerintahan dan pembangunan dalam mencapai tujuan Negara.

Maka, lanjutnya, pada konteks inilah Polri dengan dibantu unsur terkait termasuk satuan Linmas bertanggung jawab untuk mengawal pergeseran kotak suara dan menjaga dan mengamankan penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2019.

Ia menegaskan, Linmas bertanggung jawab terhadap keamanan di TPS, dimana disetiap TPS ditugaskan dua orang petugas linmas sebagai petugas Pengamanan TPS.

Petugas Linmas, lanjut Kapolres, tentunya harus memiliki kemampuan Kepolisian terbatas dibidang pengamanan, oleh sebab itu petugas Linmas sebelum ditugaskan ke TPS – TPS harus dibekali dengan kemampuan teknis dan keterampilan perorangan, sehingga mampu mencegah, menangkal, dan meniadakan gangguan Kamtibmas khususnya yang mengganggu jalannya proses pemungutan suara di TPS, sehingga pelaksanaan Pemilu Sertah Tahun 2019 berjalan secara aman dan kondusif.

“Jadikanlah apel kesiapsiagaan ini untuk menyatukan tekad dan komitmen dalam rangka mengawal dan mengamankan serta mensukseskan Pemilu Serentak 2019, semoga segala tugas dan pengabdian menjadi nilai ibadah dihadapan Tuhan Yang Esa,”pungkasnya.(im/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.