Babinsa Koramil Sepaku dan Warga Bajak Sawah Pakai Alat Modern

Suasana pembajakan sawah di Desa Wonosari, Sepaku


PENAJAM(NK) – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0913-04/Sepaku Kodim 0913/PPU, Serda Samsul Anwar membantu petani membajak sawah poktan sidomakmur di sawah milik Wandi, warga Desa Wonosari Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, menggunakan traktor modern pada luas lahan kurang lebih 1 hektare, Senin, (12/3/2018).

Danramil 0913-04/Sepaku, Kapten Inf. Priyanto mengatakan, pengolahan menggunakan Traktor merupakan cara pengolahan lahan baru yang dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami. Karena menurutnya, dengan sistim Traktor ini akan mengubah sifat fisik tanah agar lapisan atas yang semula keras menjadi datar dan melumpur.

Pada era dulu petani mengerjakan ini dengan menggunakan hewan seperti sapi atau kerbau sebagai penarik bajaknya,”ungkapnya.

Lanjutnya, keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah yaitu gulma mati yang kemudian akan membusuk menjadi humus, airisasi tanah menjadi lebih baik danĀ  lapisan bawah tanah jenuh air sehingga dapat menghemat air.

“Pada pengolahan tanah sawah dilakukan perbaikan dan pengaturan pematang sawah serta selokan. Galengan (pematang) sawah diupayakan agar tetap baik untuk mempermudah pengaturan irigasi sehingga tidak boros air dan mempermudah perawatan tanaman,”jelasnya.(aris/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.