Baksos Pasca Banjir di Desa Sumber Sari

PENAJAM (NK) – Dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57, Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mengadakan Bakti Sosial (Baksos) peduli bagi korban bencana banjir di Desa Sumber Sari Kecamatan Babulu, Selasa (19/10/2021). Mulai dari pengobatan gratis, layanan Penyakit Tidak Menular (PTM), Iva Test dan pembagian kelambu secara gratis.

Saat dijumpai, Kepala Dinas Kesehatan PPU Jansje Grace Makisurat mengatakan kegiatan ini dilakukan tujuannya pengobatan bagi warga yang terdampak pasca banjir di Desa Sumber Sari, karena takut adanya penyakit yang akan muncul di Masyarakat. Contohnya saja seperti gatal-gatal, diare, batuk pilek atau mudah lelah.

Lanjut grace, pelayanan yang telah sediakan seperti pengobatan umum, pemeriksaan Iva test dan gula darah. Sekaligus membagikan kelambu dan sasaran paling utama bagi mereka yang rumah masyarakat terdampak banjir.
Karena sesudah banjir biasanya banyak genangan air yang berpotensi mengakibatkan banyak nyamuk.

” kita juga berusaha mencegah ketika digigit nyamuk nantinya dengan membagikan kelambu, takut nanti akan mengakibatkan demam berdarah atau malaria. Untuk pengobatan itu sendiri Sasarannya seluruh warga sumber sari tanpa terkecuali dari anak-anak hingga orang tua,” ungkap Kepala Dinkes tersebut

Grace juga menjelaskan terkait kegiatan menyambut HKN ke-57 hanya di fokuskan untuk pelayanan Baksos di desa Sumber Sari, karena baru terdampak bajir. Awal mula kegiatan ini di tujukan kesalah satu Desa Sebakung Jaya Kecamatan Babulu. ” sebenarnya tujuan kemarin adalah Desa Sebakung Jaya, tapi karena disini ada banjir, kami pindahkan kesini ,” pungkasnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Desa (Kades) Sumber Sari Arif Suryawan, mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten PPU terutama Dinas Kesehatan PPU karena memang pasca banjir ini banyak warga yang mengalami gatal-gatal dan yang lainnya. hingga perlu disembuhkan atau diperiksa.

Tambahnya, dengan adanya kegiatan Baksos seperti ini antusias warga di Desa Sumber Sari lumayan banyak yang datang, mungkin kurang lebih 100 warga datang untuk memeriksakan diri. Kemarin warga Desa Sumber Sari memang banyak yang mengungsi.

” Jadi setelah mengungsi ada beberapa warga yang mengalami sakit seperti gatal, demam dan diare. Yang dilakukan Dinas Kesehatan PPU ini sangat pas momennya bagi warga kami di Desa Sumber Sari, karena sangat membantu ,” tutupnya (NK2)