Barmuda Balikpapan Nilai IKN Berdampak Positif Bagi Putra Daerah

BALIKPAPAN (NK) – Berpindahnya Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dari Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim) di Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar)  berdampak positif bagi putra daerah.

Hal ini diungkapkan, Sekretaris Barisan Muda Daerah (Barmuda) DPC Kota Balikpapan, Muhammad Iqbal, menerangkan kepada awak media terkait dengan kesiapan menyambut dan mengawal pembangunan IKN Nusantara.

“Berkaitan dengan pandangan kami terhadap IKN adalah sebuah anugerah dalam arti kita yang selama ini di daerah khususnya Kaltim yang notabenenya selalu berkontribusi untuk pembangunan Indonesia. Akhirnya jadi tuan rumah IKN, adalah sebuah kepercayaan dan anugerah yang harus kita sama-sama syukuri dan kita jaga. ujarnya kepadda newskaltim.com, Kamis (15/9/2022).

Selain itu, Berkaitan dengan IKN sendiri yang notabenenya sudah diputuskan secara politis, kami atas nama Barmuda kota Balikpapan khususnya Barmuda Kalimantan Timur, secara organisasi kami menyambut baik dan turut serta menjaga proses pelaksanaan dan realisasi dari IKN,

” Langkah-langkah yang Barmuda lakukan menyambut IKN adalah kami secara organisasi mempersiapkan SDM-SDM terbaik dari daerah khususnya putra daerah kita di Kalimantan Timur ini untuk mengambil peran dalam arti ini mengambil peran positif bersaing secara kualitas dan siap dalam sebuah kompetisi keunggulan secara SDM,” terangnya.

Pria yang kerap disapa Iqbal menambahkan, mengenai harapan-harapan dari hadirnya IKN ini sendiri adalah bahwa IKN menjadi milik bersama dan kewajiban-kewajibannya adalah menjaga keberlangsungan proses pembangunan IKN.

“Dampak positifnya yang pasti dari beberapa hal yang menurut kita menjadi keuntungan dari IKN yang berada di Kaltim. Adalah bahwa pusat kegiatan baik itu ekonomi, kegiatan kepemerintahan akhirnya berpusat di sini, pasti membawa dampak positif dan mungkin juga ada negatifnya,” tuturnya.

Berbicara tentang positifnya, lanjutnya, yakni banyak peluang-peluang akan terbuka baik itu peluang ekonomi dan berbagai peluang-peluang lainnya yang menurutnya di situlah putra daerah dalam arti di sini kader anggota khususnya Barmuda untuk mengambil peran.

“Mengambil peran itu juga tidak hanya sekedar mengatas namakan putra daerah, tapi dibekali dengan kemampuan dan kepandaian dalam bidang SDM baik itu ekonomi, teknologi dan sebagainya,” ungkapnya.

Selanjutnya, Barmuda pasti mendukung berkaitan IKN, Bermuda beserta seluruh anggota Kaltim  siap menjaga keberlangsungan proses pembangunan IKN. Dan akan bersama-sama dengan aparat terkait untuk turut serta menjamin kelancaran dan keberlangsungan pembangunan itu sendiri.

” Untuk itu kami atas nama Barmuda mendukung dan siap mengawal pembangunan IKN itu sendiri,” pungkasnya. (bah/nk2)