HEADLINE

Bawa Kabur Kotak Infak Dua Warga Nenang Diringkus Tim Rajawali Polres PPU

Tersangka pencuri kotak amal masjid MF dan RO diamankan di Mapolres PPU

PENAJAM (NK) – Dua orang warga Kelurahan Nenang, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), berhasil diringkus Tim Rajawali Polres PPU karena membawa kabur kotak kotak amal atau infaq milik masjid Al-Amin Kelurahan Nipah-Nipah, Penajam.

Kapolres PPU AKBP M Dharma Nugraha melalui Iptu Dian Kusnawan, kepada newskaltim.com, Senin (21/9/2020) membenarkan, telah diamankan MF (25) dan RO (25) dua orang  warga Kelurahan Nenang terduga pelaku pelaku pencurian kotak amal pada Minggu (20/9/2020) kemarin sekira pukul 12.30 Wita oleh Tim Rajawali Polres PPU.

Perbuatan dua orang tersangka tersebut, ungkapnya, dilakukan pada Minggu  (13/9/2020) sekitar jam 01.20 Wita ketika salah satu tersangka yakni MF berpura-pura membeli pulsa di konter pulsa handphone milik Herman yang berada di jalan propinsi Km 7,5 RT. 05 Kelurahan Nipah-nipah Kecamatan Penajam PPU, namun sasaran utamanya adalah kotak amal yang berada diteras konter tersebut, sementara tersangka RO menunggu di atas sepeda motor tidak jauh dari kios pulsa itu

Barang bukti kotak amal yang berhasil diamankan Tim Rajawali Polres PPU

“Setelah beberapa saat tersangka MF memanfaatkan kelengahan dan berhasil membawa kabur kotak amal tersebut, sementara Herman kotak itu sudah tidak di tempatnya. Atas kejadiaan kemudian dirinya melaporkan kejadian itu kepada petugas jaga Polres PPU untuk dilakukan proses lebih lanjut,” tegasnya.

Mendapati laporan tersebut, lanjutnya, kemudian Tim Rajawali Polres PPU melakukan penyelidikan dan olah TKP termasuk melihat rekaman CCTV yang ada di konter tersebut, sehingga ciri-ciri tersangka dapat diketahui.

Kemudian, pada Minggu kemarin Tim Rajawali yang dipimpin Ipda Raymond Juliano W melaksakanakan penyelidikkan di wilayah Pasar Induk Nenang, serta mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa orang yang memiliki ciri-ciri seperti dalam rekamanan CCTV berada di sekitar lokasi, sehingga Tim bergerak cepat untuk melakukan penangkapan.

“Terduga pelaku pencurian kotak amal MF ketika itu sedang berada di dalam rumahnya bersama Ro, sehingga kami langsung melakukan penggrebekan dan berhasil mengamakan keduannya tanpa perlawanan,” tukasnya.

Selain mengamankan dua tersangka tersebut, lanjutnya, petugas juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti, antara lain satu kotak amal yang dicuri kedua tersangka, satu unit sepeda motor, helm, jaket, sepatu dan celana yang dipakai tersangka saat melakukan perbuataan jahatnya.

“Saat ini kedua terduga pelaku dan barang bukti telah diamankan di Polres PPU guna pemeriksaan lebih lanjut. Terhadap para tersangka kami kenai Pasal 363 ayat 1 ke 3 dan 4 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman diatas lima tahun. Kami masih melakukan pengembangan kemungkinan pelaku melakukan tindakan pidana serupa di lokasi lain,” pungkasnya. (nav/nk)

Berita Popular

To Top