Beri Edukasi Masyarakat, Anggota DPRD Kaltim Herliana Sosialisasi Perda Penyelenggara Bantuan Hukum

PENAJAM (NK) – Anggota DPRD Kaltim juga anggota Komisi IV DPRD Kaltim dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Herliana Yanti, Sabtu (27/3/2021) memberikan edukasi kepada masyarakat PPU sekaligus melaksanakan Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosper) yakni Perda Nomor 5 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Bantuan Hukum.

Herliana Yanti

Kegiatan yang digelar di gedung serba guna Kelurahan Sotek, Kecamatan Penajam dihadiri Lurah Sotek serta jajarannya dan masyarakat setempat.

Kepada newskaltim.com, Selasa (30/3/2021), ia menjelaskan, melalui sosialisasi tersebut setidaknya masyarakat dapat memahami dan mengetahui bahwa penyelenggaraan bantuan hukum itu diberikan secara gratis untuk masyarakat yang terlilit persoalan hukum.

“Jelas tertuang didalam aturan bahwa tujuannya untuk menjamin pemenuhan hak penerima bantuan hukum,” ucapnya.

Penyelenggaraan bantuan itu diberikan secara gratis atau tak dipungut biaya, lantaran alokasi anggaran untuk pemberi bantuan hukum dialokasikan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Herliana tentunya mengharapkan dari sosialisasi yang sudah terlaksana itu masyarakat dapat memahami produk hukum tersebut. Agenda tersebut mengundang pendiskusian yang cukup menarik antar masyarakat dengan narasumber yang hadir, Kasubbag Kajian Perundang-Undangan Sekretariat DPRD PPU, Umar Said menyebutkan dalam pemaparan terdapat pertanyaan teknis dari masyarakat yang menanyakan terkait pemalsuan tandatangan, Umar menegaskan penyelesaian itu dapat diproses.

“Bantuan hukum diselenggarakan untuk membantu penyelesaian permasalahan hukum yang sedang dihadapi penerima bantuan hukum,” urainya.(*/nk)