HEADLINE

Beri Rasa Amankan, Petugas Gabungan Gelar Razia

 

Tes Urine : Tiga anggota Polisi  melakukan pemeriksaan urine para motoris speedboat saat dilaksanakan razia gabungan di terminal Km 1 Penajam dan Pelabuhan Speedboat PPU, hasilnya enam orang positif mengkonsumsi narkoba


Enam Motoris dan Satu Sopir Positif Narkoba

PENAJAM (NK) – Dalam rangka memberi rasa aman kepada masyarakat pengguna jasa angkutan laut dan darat di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), petugas gabungan terdiri dari Polres PPU, Kodim 0913/PPU, Dinas Perhubungan (Dishub)  jasa raharja dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kamis pagi (31/8/2017)  menggelar razia kelayakan angkutan sekaligus melaksanakan tes urine terhadap sopir angkutan umum dan motoris speedboat.

Kegiatan dihadiri Dandim 0913/PPU, Letkol Czi Dwi Imam Subagyo, Kapolres PPU, AKBP Teddy Ristiawan, Wakapolres PPU Kompol Nina Ike Herawati, Kepala Dishub PPU Ady Irawan  dan sejumlah pejabat dilingkungan pemkab PPU.

Pada kesempatan itu, Adi Irawan saat ditemui ditempat kegiatan kepada Newskaltim mengatakan, kegiatan ini adalah infeksi kelayakan kendaraan (Ramp chek) dalam rangka persiapan angkutan lebaran yang dilaksanakan di dua lokasi sekaligus masing-masing dermaga speedboat penajam dan terminal angkutan umum kilometer 01 penajam.

Kegiatan Rampchek ini bertujuan untuk mengecek langsung kondisi fisik baik speed boat maupun kendaraan roda empat yang merupakan angkutan umum, angkutan desa, kendaraan antar kota, antar provinsi maupun  antar kabupaten yang ada di Kabupaten PPU. Dimana dalam pelaksanaanya digelar gabungan melibatkan Kodim 0913/PPU, Polres, Jasaraharja dan BPBD Kabupaten PPU,”kata Adi Irawan.

Ditambahkan Adi Irawan, kegiatan Rampchek tersebut dilaksanakan menjelang perayaan dan libur panjang Hari Raya Idul Adha 1438 H 2017 di Kabupaten PPU. Dipilihnya dermaga speed boat lanjutnya, karena untuk dermaga kelotok PPU sendiri telah dilakukan kegiatan yang sama beberapa waktu sebelumnya.

“Pada intinya kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh pengguna transportasi yang ada baik dilaut maupun di darat,” ujarnya.

Sementara dalam rangkaian kegiatan yang sama, Polres PPU secara dadakan melakukan tes urine kepada pengemudi baik motoris speedboat maupun para supir angkutan umum dengan di dua lokasi tersebut.

Sementara itu,  Wakapolres PPU,  Kompol Nina Ike Herawati mengatakan, sasaran yang dipilih adalah memang  diutamakan kepada fungsi publik pelayanan kepada masyarakat umum khususnya kepada para pengemudi kendaraan darat maupun motoris speedboat. Dalam rangka  menjelang perayaan Idul Adha 1438 H 2017 ini.

Selain itu, lanjutnya, kegiatan tersebut juga dilaksanakan dalam rangka menjaga kamtibmas diwilayah Kabupaten PPU. Dari hasil tes urine pihaknya mendapatkan enam orang motoris speedboat dan satu sopir angkutan umum positif menggunakan narkoba. Untuk pemeriksaan lebih lanjut keenam orang tersebut  diangkut menuju Mapolsek Penajam.

Ia menegaskan, pemeriksaan dan tes urin ini difokus pada pengemudi kendaraan angkutan umum darat maupun laut  yang membawa para penumpang. Pasalnya mereka memiliki tanggungjawab besar dalam melaksanakan pekerjaannya, sehingga pengguna jasa angkutan umum dan speedboat dapat merasa aman dan nyaman.

“Kegiatan  ini dilaksanakan dalam rangka untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh pengguna jasa transportasi baik dilaut maupun darat diwilayah PPU. Hasil pemeriksaan ini selanjutnya akan diserahkan ke polsek penajam untuk ditindak lanjuti,” pungkasnya. (iyan/Humas6/nk)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Popular

To Top