Berkunjung Di Kabupaten PPU, Dubes Uni Eropa Bahas Seputar IKN

PENAJAM (NK) – Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Gafur Mas’ud (AGM) terima kedatangan Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam H.E. Vicent Piket beserta jajarannya, di ruang rapat kerja Bupati PPU lantai III Setkab PPU, Rabu (27/10/2021). Pada kunjungannya membahas kesiapan dan hal-hal seputar hadirnya Ibu Kota Negara Baru (IKN) di wilayah Kabupaten PPU Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Dalam dialog Bupati AGM dengan Dubes Uni Eropa H.E. Vicent menyampaikan terkait luasan wilayah Kabupaten PPU yang berjumlah 3.333 Km2, serta sejumlah potensi yang dapat ditumbuh kembangkan baik dalam bidang ekonomi hingga investasi yang tersebar di empat Kecamatan.

Ia juga menjelaskan, hingga saat ini dalam persiapan pembangunan IKN sepenuhnya dilakukan oleh Pemerintah Pusat. Namun, untuk kedepannya ketika Pemerintah pusat membangun pusat pemerintahan baru IKN, Kabupaten PPU nantinya akan membangun tiga kota satelit sebagai pendukung sarana konektifitas wilayah dan hadirnya para Penduduk dari luar wilayah PPU dengan merujuk konsep pembangunan kota satelit yang forest city.

“Pembangunan kota setelit ini sangat membuka peluang kerjasama dan investasi sehingga mendukung proses terwujudnya pembangunan di Kabupaten Penajam Paser Utara bersama dengan hadirnya IKN serta sarana pendukung lainnya,” jelas AGM.

Terkait kedatangan Dubes Uni Eropa lanjut AGM, merupakan sinergi yang baik untuk kedepan dalam mendukung upaya Pemerintah, baik Pemerintah Provinsi hingga Kabupaten dalam mempersiapkan hadirnya IKN di wilayah PPU.

” Baik dari pengembangan teknologi, pembangunan infrastruktur, hingga investasi dalam membangkitkan sektor potensi yang ada di Kabupaten PPU,” pungkasnya. (Advertorial)NK2)