BorneoHEADLINEKaltimKukar

BINDA Kaltim Laksanakan Percepat Vaksinasi Booster di Desa Jembayan

KUKAR (NK) – Badan Intelejen Negara Daerah (BINDA) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) kembali melaksanakan vaksinasi booster di Desa Jembayan, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Sabtu (25/06/2022).

Dalam pelaksanaan Vaksinasi Binda Kaltim yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kukar dan Polsek Loa Kulu. Pelaksanaan Kegiatan vaksinasi ini juga sebagai langkah untuk mengantisipasi masuknya penyebaran covid-19 varian baru BA.4 dan BA.5.

Terlihat antusias masyarakat cukup tinggi mengikuti gelaran vaksin covid-19 ini. Para peserta yang mengikuti sudah berdatangan dan mengantri pukul 08.00 Wita.

Kepala Pos Daerah (Kaposda) BIN Kukar, Letkol Chb Asmawi menerangkan jika digelarnya vaksinasi sebagai upaya percepatan capaian program vaksinasi booster di Kota Raja ini. “Hari ini kami sediakan 250 dosis, mudahan tercapai sasaran tersebut, kedepan BIN bersama stakeholder terkait akan terus melaksanakan vaksinasi selama pandemi masih ada,” ucapnya.

Selanjutnya Asmawi, memberikan himbauan kepada masyarakat Kukar untuk tetap mengutamakan menjaga protokol kesehatan dan lebih mengetatkan penerapannya. bahwa pihaknya saat ini mulai kesulitan mencari sasaran vaksinasi. Hal tersebut dikarenakan beberapa faktor salah satunya faktor pandemi Covid-19 yang dianggap mulai tidak ada lagi.

“Melalui Babinkamtibmas kami mendata langsung dengan door to door sasaran yang belum divaksin booster di Desa Jembayan, memang masih ada permintaan, karena capaian booster masih rendah,” ungkapnya.

Kanit Binmas Polsek Loa Kulu, Ipda Priyo Nugroho saat ditemui secara terpisah menambahkan, kegiatan vaksinasi di Desa Jembayan dilakukan dengan inovasi pemberian doorprize berupa sembako. Nantinya yang akan di undi dengan kartu undian dan hanya bisa di dapatkan bagi penerima vaksin.

“Hal ini kami lakukan untuk menarik minat masyarakat agar mau melaksanakan vaksinasi booster, apalagi di Loa Kulu capaiannya masib sekira 25 persen, jadi kita terus kebut vaksinasi,” terangnya.

Sementara itu, Sri Dalmanto salah seorang warga Desa Jembayan RT 017 mengaku senang bisa mendapatkan vaksinasi booster hari ini. Seperti yang diketahui ia bekerja sebagai guru SMP ini mengaku dipermudah dengan dibukanya gerai vaksinasi yang mendekat di wilayah tempat tinggalnya.

“Alhamdulillah, biasanya kita antri lama sampai ke Loa Kulu dan ke Mall, dengan adanya vaksinasi di sini tentu lebih mudah dan tidak perlu antri lama,” ujarnya.

Selain di Kabupaten Kukar, Binda Kaltim juga menggelar vaksinasi booster di beberapa wilayah, seperti Kota Bontang dan Kota Balikpapan. (Ba/NK2)