ADVERTORIAL - PARLEMENTARIA

BNK PPU Terus Galakkan Aksi Pencegahan Narkoba

Wabup PPU, H. Hamdam ikut tes urine

142 THL Setkab PPU Jalani Tes Urine, Dua Terindikasi Positif Narkoba

PENAJAM (NK) – Sebanyak 142 Pegawai Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkungan Sekretariat Kabupaten (Setkab) Penajam Paser Utara (PPU), Senin (10/2) di Aula Lantai I Kantor Bupati, jalani tes urine yang digelar oleh Badan Narkotika Kabupaten (BNK) PPU. Dalam kegiatan ini juga disaksikan langsung oleh Ketua BNK yang juga Wakil Bupati PPU, Hamdam.

Dari jumlah ini, ada sejumlah THL belum bisa mengikuti tes urine yang dilaksanakan tersebut.  Dijadwalkan pada hari berikutnya yang bersangkutan akan melakukan tes urin di Bagian Kesra Setkab PPU. Dari pemeriksaan yang berlangsung lebih dari dua jam ini tidak ditemukan satupun THL positif menggunakan narkoba.

Dalam kesempatan ini Hamdam mengatakan bahwa tes urine bagi seluruh THL di lingkungan Pemkab PPU ini bertahap akan terus dilakukan secara menyeluruh. Salah satu tujuannya adalah dalam rangka mendukung Instruksi Presiden (Inpres) nomor 6 Tahun 2018 tentang rencana aksi nasional pencegahan dan pemberantasan penyalah gunaan dan peredaran gelap narkotika, salah satunya di Kabupaten PPU.

“ Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten PPU melalui BNK terus aktif melakukan kegiatan tes urine ini bagi seluruh aparat THL yang ada, mudahan PNS juga dapat kita lakukan tes urine yang sama,”  kata Hamdam.

Ketika ditanya sangsi apa yang akan diberikan ketika ditemui THL terbukti positif menggunakan narkoba, Hamdam menekankan bahwa dalam Peraturan Bupati (Perbup) sudah sangat jelas tentang sangsi bagi mereka yang melanggar atau menggunakan narkoba yaitu pemecatan.

Namun lanjutnya, memang terkait hasil pemeriksaan ini masih perlu ada yang harus didalami, karena tidak semua temuan positif itu merupakan pengguna narkoba bisa jadi karena paktor lainnya. Misalnya yang bersangkutan sedang mengkonsumsi obat tertentu dari Dokter.

“Langkah-langkah selanjutnya yang dilakukan adalah memastikan yang terbukti positif tersebut adalah benar-benar memang adalah pengguna narkoba. Jadi tidak berhenti sampai disini pemeriksaan. Jika memang mereka terbukti, maka dengan tegas Perbup kita sudah jelas,” ucapnya.

Selain kegiatan tes urine tambah Hamdam, kegiatan lainnya yang dilakukan BNK PPU dalam rangka menekan angka penggunaan narkoba di Kabupaten PPU adalah pihaknya juga terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, terkhusus dilakukan dari sekolah ke sekolah yang ada.

“Generasi muda atau pelajar ini memang merupakan usia paling rentan bagi penyalah gunaan narkoba. Olehkarena itu sangat penting kegiatan sosialisasi maupun penyuluhan-penyuluhan bagi siswa-siswi disekolah tentang bahaya narkoba ini dilakukan,” tutupnya. (hms6/nav/nk)

Berita Popular

To Top