BPS PPU Gelar Rapat Koordinasi Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi 2022

PENAJAM (NK) – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Kabupaten Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022 bertempat di Ballroom Penajam Suite Hotel pada Rabu (12/10/22).

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten PPU, Kepala Bagian (Kabag) Umum BPS Provinsi Kaltim Maibu Barwis Sugiharto, Kepala BPS Kabupaten PPU Achmad Yasid Wijaya, Kepala Perangkat Daerah terkait, camat, lurah dan kepala desa se-Kabupaten PPU.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten PPU Budi Santoso turut hadir dalam kegiatan ini mewakili Pelaksana Tugas (Plt) Bupati PPU Hamdam. Pada kesempatan ini Hamdam yang menyampaikan sambutannya dalam bentuk penayangan video mengatakan atas nama Pemerintah Daerah menyambut baik serta mendukung sepenuhnya kegiatan Regsosek 2022.

“Apa yang dilakukan hari ini merupakan awal pekerjaan berat kita semua dalam rangka mewujudkan basis data seluruh penduduk yang terpadu dan akurat,” ungkap Hamdam.

Hamdam menambahkan masih banyak permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah dalam menyalurkan program-program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat. Hal ini disebabkan karena kurangnya pembaharuan data secara berkala sehingga terkadang program yang tersalurkan tidak tepat sasaran.

“Saya memandang rakor hari ini sangat penting dilakukan untuk meningkatkan sinergitas, harmonisasi dan kesamaan persepsi agar Regsosek sebagai kegiatan pemuktahiran dan validasi data yang hasilnya akan dapat dipergunakan pemerintah, baik pusat maupun daerah,” tambah Hamdam.

Kegiatan ini diawali dengan penyerahan kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan secara simbolis oleh perwakilan BPJS Ketenagakerjaan kepada Ketua Pelaksana Regsosek 2022 dan dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai peran nyata pemerintah daerah dan tantangannya dalam pemberdayaan masyarakat serta peran nyata pemerintah daerah dan tantangannya dalam program perlindungan sosial.

Ketua Pelaksana Regsosek 2022 Siti Nurmawaddah menyampaikan tema kegiatan ini adalah Mencatat untuk Membangun Negeri : Satu Data Program Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat.

“Melalui kegiatan ini, tujuannya untuk menguatkan koordinasi dan konsolidasi dalam rangka pelaksanaan kegiatan pendataan awal Regsosek,” pungkasnya. (DiskominfoPPU/Advertorial/NK2)