Pelaku UMKM di Kota Balikpapan Siap Menyambut IKN Nusantara

BALIKPAPAN (NK) – Dampak Positif Berpindahnya Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sangat dirasakan para Pelaku Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) di Kota Penyangga dan Pintu Masuk IKN yaitu Kota Balikpapan. Selain disebut sebagai kota minyak Balikpapan kini di kenal sebagai Gerbang atau Pintu Masuk IKN.

Menanggapi hal tersebut, Dewi Sagita Pimpinan UMKM Missis Centil Kota Balikpapan menerangkan berkaitan Dampak Hadir IKN Nusantara bagi para pengusaha UMKM di Kota Balikpapan.

” Pandangan saya terhadap IKN pindah ke Kalimantan saya menyambut senang, gembira dan juga ini merupakan berkah untuk Kota Balikpapan dan pandangan saya berkaitan IKN pindah ke Kalimantan saya menyambut dengan senang, gembira dan juga bangga, karena ini suatu berkah dan anugrah IKN bisa pindah ke Kalimantan,” terangnya pada Rabu (12/10/2022)

Kemudian, Kami sebagai UMKM lokal sudah siap menyambut IKN dan siap juga bersaing dengan pulau-pulau lain, daerah-daerah lain untuk menjadikan IKN ini sebagai Ibu Kota Negara yang sangat baik.

” Kami sebagai pelaku UMKM di sini mempersiapkan untuk meningkatkan UMKM kami agar bisa diperkenalkan ke seluruh dunia atau seluruh daerah agar bisa dikenal dan juga bisa diterima dengan baik oleh masyarakat,” ujarnya.

Wanita yang kerap disapa Dewi menambahkan, Harapan kami dengan adanya IKN pindah ke Kalimantan semoga saja UMKM yang ada di Kalimantan bisa dimajukan lagi dan bisa diperbanyak lagi event-nya, bisa diikutkan pelatihan-pelatihan sebagai UMKM lokal yang bisa nantinya untuk diperkenalkan di seluruh Indonesia maupun di luar negeri.

” Hadirnya IKN di Kalimantan saya berharapnya bisa menjadikan Ibu Kota Negara yang lebih smart, lebih efisien dalam transportasi ataupun dengan UMKM kita ini yang bisa dikembangkan lagi dan semakin laku dan dikenal di berbagai daerah, juga berbagai negara,” harap Dewi.

Selain itu, Dampak positifnya IKN pindah ke Kalimantan Insyaallah ini akan berdampak memajukan UMKM lokal agar bisa lebih laku, lebih dikenal, lebih maju, lebih menjual produk.

” Kami sebagai pelaku UMKM mendukung program IKN agar segera selesai sesuai target yang ditetapkan oleh pemerintah dan kami juga berharap IKN sesuai dengan harapan masyarakat agar bisa membangun kota Kalimantan dan juga untuk seluruh Indonesia menjadi lebih jaya dan makmur,” Pungkasnya. (Bah/NK)