Budaya Lokal Bakal Makin Berkembang Seiring Kehadiran IKN Nusantara

BALIKPAPAN (NK) – Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sangat berdampak positif bagi masyarakat Kaltim, terutama Kota Balikpapan sebagai kota penyangga dan Gerbang IKN Nusantara.

Hal ini dikatakan, Ketua Gerakan Pemuda Pewaris Adat Kutai (GP-PAK) DPD Kota Balikpapan, Yudi Apriliyanto Darmawan, saat ditemui awak media, Minggu (24/7/2022) di Balikpapan hal ini berkaitan dengan pembangunan IKN Nusantara di PPU. 

“Kami sangat bahagia IKN ditunjuk di Kalimantan Timur tepatnya di Penajam Paser Utara. Dengan adanya IKN ini diharapkan kebudayaan asli lokal bisa berkembang lebih tinggi lagi, lebih dikenal orang lagi,” ucapnya.

Dikatakannya, kampung dan dusun yang memang telah ada akan menjadi penyangga kota inti akan ditata menjadi smart village. Kebudayaan dan kearifan lokal tidak akan tergerus, tetapi direvitalisasi menjadi bagian dari jiwa IKN Nusantara. 

“Ini adalah sinergi antara kearifan lama yang terbukti baik dengan nilai-nilai baru yang terbukti memberi keunggulan,” sebutnya. 

Selanjutnya Ia Menambahkan, persiapan pihaknya kini yaitu menyiapkan SDM yang berkualitas dan mumpuni, melalui berbagai pelatihan terutama sektor yang berkenaan dengan IKN. Hal ini juga untuk mengantisipasi masuknya 200 ribu pekerja dari luar daerah yang mungkin akan tinggal di kota Balikpapan. 

“Harapan kita sumber daya manusia yang masuk ke IKN dapat bersinergi dan dapat berinteraksi dengan masyarakat, sehingga nantinya ada pola-pola di mana masyarakat bisa terlibat langsung di dalam pembangunan,” pintanya.

GP-PAK, lanjutnya, siap menjadi garda untuk pembangunan IKN dan pihaknya siap untuk pasang badan di pembangunan IKN kedepan.

“Kami akan berdiri paling depan apabila ada yang mengganggu pembangunan IKN. Dan siap bersinergi dengan TNI dan Polri untuk menjaga kondusifitas sampai IKN berdiri,” pungkasnya.(bah/nk)