Disdikpora PPU Terima Kunjungan Kerja Kemendikbudristek

PENAJAM (NK) – Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Penajam Paser Utara (PPU), Alimuddin, menerima kunjungan Direktur Sekolah Dasar (SD) Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Muhammad Hasbi  beserta rombongan di aula lantai I Kantor Bupati PPU, Senin (25/07/2022). Kegiatan ini juga diikuti oleh para kepala sekolah di Kabupaten PPU.

Sebelumnya Muhammad Hasbi juga berkunjung ke Sekolah Dasar Negeri (SDN) 016 Penajam untuk memantau proses pembelajaran dan berdiskusi terkait implementasi Kurikulum Merdeka.

Rangkaian kegiatan audiensi dan kunjungan ke sekolah oleh pimpinan Kemendikbudristek dilakukan dalam rangka memperkuat sinergi Kemendikbudristek dengan pemerintah daerah guna melakukan pemantauan terhadap implementasi kurikulum merdeka secara mandiri pada satuan pendidikan di tahun ajaran baru 2022/2023.

Kepala Disdikpora PPU, Alimuddin menyampaikan pentingnya muhasabah untuk melakukan akselerasi serta perubahan mindset pengajar terkait kurikulum merdeka.

“Ada dua yang viral, yang pertama IKN, yang kedua IKM. Jadi Ibu Kota Negara (IKN) dan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) sama-sama viral,” sebutnya.

Ia berharap dengan adanya IKN, pemerintah pusat dapat memberikan perhatian khusus mengenai pendidikan yang ada di PPU ke depan. Terutama pemenuhan sarana dan prasarana terkait pendidikan ketika secara bertahap para pegawai dari pusat akan pindah ke PPU.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur SD Kemendikbudristek, Muhammad Hasbi menyampaikan bahwa Ia sudah berdiskusi dengan Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) PPU, Tohar, dan bersama-sama sepakat mengenai PPU yang akan menjadi calon lokasi aktivitas dari Ibu Kota Negara yang baru.

“Dan tentu sebagai penyangga, Penajam Paser Utara ini harus menjadi mercusuar dari penyelenggaraan kebijakan transformasi dan pendidikan yg digagas oleh Kemendikbudristek,” sebutnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, Kabupaten Penajam Paser Utara sangat mendukung berbagai kebijakan payung yang dikeluarkan oleh Kemendikbudristek dalam bentuk kebijakan merdeka belajar.

“Tadi di SDN 016, ada banyak sekali hal yang terungkap, yang pertama tentu kita melihat motivasi teman-teman Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga PPU melalui implementasi kurikulum merdeka. Motivasi ini saya lihat menular kepada para ekosistem. Tidak hanya kepada para pengawas tetapi juga kepala sekolah,” ungkapnya. (DiskominfoPPU/Advertorial/NK2)