Catatan Perjalanan Mengantarkan Donasi Korban Banjir Bandang Kalsel (1)

Berawal dari Kepekaan Jiwa Seorang Sopir Travel
Oleh : Munanto

SAMARINDA – Berangkat dari kepedulian akan saudara kita di Provinsi Kalimantan Selatan tepatnya di Kecamatan Hantakan dan Batu Benawa di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) yang terkena banjir bandang luapan sungai Berabai yang melintas di Kecamatan Hantakan dan Kecamatan Batu Benawa.

Mahendra Eko Sulistiyono

Mahendra seorang driver dari MTB Car Rental & Travel yang biasa dipanggil “Muja” menyampaikan kepekaan jiwanya kepada Pimpinan MTB, Riyadi, yang langsung mendapat respon positif, dan pemikiran tersebut juga dilempar di group whattshap driver yang langsung mendapat tanggapan positif dan saling mendukung.

Selain digroup para driver taksi kijang, usulan tersebut juga disampaikan kepada Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kaltim Achmad Sahab yang disetujui oleh Ketua PWI Kaltim Endro S. Efendi yang langsung merespont aksi kepedulian tersebut.

“Kami sangat merespont upaya aksi sosial ini dan dengan berbagai upaya kami turut menggalang bantuan agar bisa direalisasikan,” ucap Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan PWI Kaltim, Achmad Sahab, saat melepas Tim Peduli berangkat ke Kalsel pada, Rabu Malam, 20 Januari 2021.

Menurut Hendra, selain ke PWI, usulan tersebut juga disampaikan kepada Pengurus Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Provinsi Kaltim yang disambut oleh Wakil Ketua IKWI Kaltim Hj. Nani Heriyani, S.Pd, M.Pd, dan juga kepada RPG Rescue (Relawan Perumahan Guru) Samarinda.

“Kami merencanakan itu pada hari Ahad, 17 Januari 2021, malam itu kami rapat dengan PWI yang di wakili Bpk. Munanto dari Dewan kehormatan daerah PWI Kaltim, IKWI Kaltim di wakili Ibu Nani, dari MTB Bpk Riyadi, dan Bambong Elite Cummunity diwakili Gusty, pagi harinya kami langsung bergerak,” jelas Muja, panggilan Akrab Mahendra Eko Sulistiyono.

Sekretaris PWI Kaltim Wiwid Marhaendra Wijaya saat menyerahkan barang2 untuk korban banjir bandang Kalsel diterima Wahid dari Relawan MTB Car Rental & Travel.

Dalam pelaksanaannya, PWI Kaltim selain mengetuk para anggota untuk berpartisipasi, juga para mitra sehingga berhasil menggalang donator berupa barang dan dana, sampai terkumpul hingga penyerahan barang donasi dilakukan Sekretaris PWI Kaltim Wiwid Marhaendra Wijaya diterima oleh Wahid dari MTB.

Selain itu IKWI Kaltim dalam gerakan penggalangan juga menggandeng kelompok Yasinan Bunda-Bunda Raudhatul Jannah Air Putih, yang berhasil menggalang dana dan pakaian layak pakai, beras, air minum, pampers, susu, lilin serta sarung baru lebih kurang 4 kodi dan juga obat-obatan, yang diserahkan Koordinator Yasinan Suriyah Damsar kepada Tim Pengantar diterima Usamah Bima.

Pimpinan MTB dan Bambong Elite Community juga tidak kalah serunya. Mitra kerja dan pelanggan setia, mereka ketuk hatinya untuk mendermakan sebagian hartanya dan alhasil menumpuk donasi berupa pakaian layak pakai, sembako, barang-barang kebutuhan yang dianggap bisa bermanfaat bagi korban banjir bandang di kantor MTB jalan Wahid Hasyim II Sempaja Samarinda.

Penyerahan bantuan dari Kelompok Yasinan Raudhatul Jannah Air Putih diserahkan Suriyah Damsar kepada Tim Relawan diterima Usamah Bima.

Hingga ditutup donasi pada Rabu siang, 20 Januari 2020, dan mulai dimuat ke kendaraan dari beberapa titik pengumpulan, hingga barang-barang tidak mampu dimuat oleh 1 unit pickup panter, 1 box L300, 1 mobil APV, Kijang Inova, dan Everest.

“Kita mengutamakan Sembako karena disana keputuhan Sembako sangat pokok, sehingga barang-barang seperti pakaian dikesampingkan dulu. Penggalangan donasi selama 4 hari kami angkut dengan 5 unit kendaraan masih ada sisa, tidak terangkat. Tapi jika menambah kendaraan lagi masih kurang cargonya, jadi kami putuskan untuk ditinggal yang tidak termuat,” ucap Riyadi sebagai koordinator aksi Peduli Banjir Kalsel ini.

Selain berupa Sembako Tim juga menerima amanah untuk menyerahkan bantuan dana dari Pembaca Media Kaltim sebesar Rp5juta rupiah yang disampaikan untuk korban Bencara banjir Bandang Kalsel yang langsung diserahkan pimpinan Media Kaltim kepada PWI Kaltim diterima Munanto, anggota DKP PWI Kaltim.

Hingga pemberangkatan dilaksanakan pada Rabu malam mengambil titik kumpul di samping Islamic Center Samarinda, dilepas oleh Wakil Ketua Bidang Kesejahteran PWI Provinsi Kaltim Achmad Sahab. (bersambung).